Pengertian User Interface
User interface adalah cara program dan user berkomunikasi. Istilah user
interface atau interface kadang-kadang digunakan sebagai penggati istilah HCI
(Human Computer Interaction). HCI (Human Computer Interface) adalah semua aspek
dari interaksi pengguna dan computer, tidak hanya hardware. Semuanya yang
terlhat dilayar, membaca dalam dokumentasi dan dimanipulasi dengan keyboard
(atau mouse) merupaka bagian dari user interface.
User Interface berfungsi untuk menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi, sehingga computer dapat digunakan. Dengan demikian, user interface bisa juga diartikan sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat keras dan lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Use interface dari sisi software bias berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command Line Interfae (CLI), sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Aplle Desktop Bus (ADB), USB, dan fire wire.
Konsep User Interface
Mengkonsep user interface secra benar tidaklah mudah. Terdapat begitu banyak aspek yang pelu diperhatikan. User interface akan mengacu pada beragam aplikasi teknologi mulai dari electronic display, software aplikasi computer,aplikasi web, aplikasi mobile,hingga aplikasi kiosk Informasi public. Kioks adalah peralatan sistem informasi publik yang dirancang sedemikian rupa yang ditujukan untuk beragam kondisi user, baik secara usia, gender, latar belakang kultural, tingkat pemahaman dan pendidikan bahkan kondisi keterbatasan fisik yang berbeda.
User Interface berfungsi untuk menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi, sehingga computer dapat digunakan. Dengan demikian, user interface bisa juga diartikan sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat keras dan lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Use interface dari sisi software bias berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command Line Interfae (CLI), sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Aplle Desktop Bus (ADB), USB, dan fire wire.
Konsep User Interface
Mengkonsep user interface secra benar tidaklah mudah. Terdapat begitu banyak aspek yang pelu diperhatikan. User interface akan mengacu pada beragam aplikasi teknologi mulai dari electronic display, software aplikasi computer,aplikasi web, aplikasi mobile,hingga aplikasi kiosk Informasi public. Kioks adalah peralatan sistem informasi publik yang dirancang sedemikian rupa yang ditujukan untuk beragam kondisi user, baik secara usia, gender, latar belakang kultural, tingkat pemahaman dan pendidikan bahkan kondisi keterbatasan fisik yang berbeda.
Tehnik antar muka /interface
Terdapat tiga teknik antar muka / inter face:
•Linguistic styles
•Key modal styles
•Direct manipulation styles
LINGUISTIC STYLES
Linguistic styles adalah penyampaian “aksi” melalui bahasa yang dimengerti oleh computer. Cirri teknik ini antara lain:
•Masukan aksi melalui papan ketik alphabet yang ditulis atau diketik.
•Bahasa yang dimengerti oleh computer merupakan bagian kecil dari bahasa manusia
•Adanya aturan penulisan (syntax) dan semantic untuk menyatakan perintah
KEY MODALS STYLE
Key Modals Style adalah penyampaian aksi melalui penekanan tombol-tombol yang deprogram sebelumnya untuk menjalankan fungsi-fungsi. Cir teknik ini antara lain:
•Masukan aksi melalui tombol fungsi atau tombol alphabet
•Instruksi langkah demi langkah
•Digunakan dalam system berjalan
DIRECT MANIPULATION STYLE
Direct Manipulation Style adalah penyampaian perintah melalui manipulas objek tertentu. Cirri teknik ini antara lain:
•Ditampilkannya objek untuk interaksi pengguna
•Ditampilkannya penunjuk untuk memanipulasi objek
•Perintah diterapkan langsung pada objek
•Respon seketika pada fungsi objek
Jenis-jenis User Interface
- Command Line Inteface (CLI)
CLI (Command Line Interface) adalah tipe antarmuka dimana penggun berinteraksi dengan system operasi melalui text terminal. CLI adalah sebuah bentuk antarmuka antara sistem operasi dan pemakai dimana pemakai mengetikkan perintah-perintah dengan menggunakan perintah dalam bentuk teks dan sebuah metode untuk memasukinya.
Pengguna CLI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Setiap sistem operasi memberi nama CLI- nya berbeda-beda. Unix member nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Ms-Dos memberi nama CLI-nya command.com atau command prompt. Sedangkan Windows Vista, Microsoft menamakannya Powershell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai Terminal, sedangkan pada Apple atau machintosh namanya adalah commandshell.
- Graphical User Interface (GUI)
Saat ini interface yang banyak digunakan dalam software adalah GUI (Graphical User Interface). Penganut GUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan system operasi Wndows. Bagi mereka, GUI adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi.
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan system operasi melalui gambar-gambar grafik, kon, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse atau track ball.
Sama seperti CL, tiap-tiap siste operasi memiliki nama tersendiri untuk komponen GUI-nya. Pada Apple Mac OS X, GUI-nya disebut Aqua. Microsoft member nama GUI pada Windows XP sebagai Lunar dan GUI Windows Vista sebagai Aero. Pada Linux, ada dua pengembangan utama desktop environment, yang masing-masing menghasilkan roduk KDE (K Desktop Environment) dan GNOME.
Bahasa dalam User Interface
Tujuan sebuah user interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Praktis semua pengguna komputer dan Interface dapat mengerti tulisan.
Meski pada umumnya panduan user interface menyarankan agar ikon tidak diberi tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen user interface lain seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat di sebelah kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.
Meskipun penting, namun sayangnya kadang penggunaan bahasa, seperti pemilihan istilah, sering sekali dianggap kurang begitu penting. Terlebih dari itu dalam dunia desain situs Web yang serba grafis, bahasa sering menjadi sesuatu yang nomor dua ketimbang elemen-elemen interface lainnya. Artikel ini akan mencoba memberikan beberapa pertimbangan pemilihan bahasa dan istilah untuk meningkatkan usability melalui perbaikan komunikasi dengan user.
·
Touch
Screen
Layar sentuh (bahasa Inggris touchscreen) adalah
sebuah perangkat input
komputer
yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan
jari atau pena digital. Antarmuka layar
sentuh, di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan
menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri, merupakan cara yang paling
mudah untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai
aplikasi.
Layar sentuh banyak digunakan dalam industri manufaktur
yang membutuhkan tingkat akurasi, sensivitas terhadap sentuhan, dan durabilitas
yang sangat tinggi. Namun perangkat layar sentuh semakin lama semakin dapat
ditemukan dalam perangkat-perangkat teknologi konsumen yang diproduksi secara
massal, seperti pada komputer jinjing, pemutar musik seperti iPod Touch,
dan telepon genggam seperti iPhone atau Blackberry Storm. Hal ini
dimungkinkan karena perangkat layar sentuh dapat dibuat dalam berbagai ukuran
tampilan.
Layar sentuh sering dipakai pada kios informasi di tempat-tempat umum, misalnya di bandara dan rumah sakit
serta pada perangkat pelatihan berbasis komputer. Sistem layar sentuh tersedia
dalam bentuk monitor
yang sudah memiliki kemampuan layar sensitif sentuhan dan
ada juga kit touchscreen yang lebih ekonomis yang dapat dipasang pada
monitor yang sudah ada.
·
Gesture
Interface
Sebagian besar perangkat elektronik konsumen hari ini -
ponsel pintar, tablet, PC, TV, dan sejenisnya - baik yang sudah termasuk atau akan
segera mengintegrasikan
satu atau lebih kamera . Mobil
dan berbagai produk lainnya dengan cepat menjadi kamera diaktifkan, juga. Apa
yang dapat dicapai dengan kamera ini adalah mengubah cara kita berinteraksi
dengan perangkat kami dan dengan satu sama lain. Memanfaatkan satu atau
beberapa sensor gambar, kamera ini menghasilkan data yang mewakili ruang tiga
dimensi di sekitar perangkat, dan inovator telah mengembangkan produk-produk
yang mengubah data ini ke dalam operasi bermakna.
Pengakuan isyarat, salah satu contoh
utama dari teknologi sensor-enabled ini, yang mencapai adopsi pasar yang cepat
karena berkembang dan matang . Meskipun
berbagai implementasi gerakan ada di pasar, persentase penting dari mereka
didasarkan pada algoritma visi tertanam yang menggunakan kamera untuk
mendeteksi dan menginterpretasikan jari, tangan dan gerakan tubuh. Gestures
telah menjadi bagian dari manusia 'bahasa interaksi asli selama ribuan tahun. Menambahkan
dukungan untuk berbagai jenis gerakan untuk perangkat elektronik memungkinkan
menggunakan alami "bahasa" kita untuk mengoperasikan perangkat ini,
yang jauh lebih intuitif dan mudah bila dibandingkan dengan menyentuh layar,
memanipulasi mouse atau remote control, tweaking tombol, atau menekan switch.
Kontrol gerakan terutama akan
memberikan kontribusi untuk mengurangi interaksi kita dengan perangkat,
mengurangi (dan dalam beberapa kasus menggantikan) kebutuhan untuk mouse,
tombol, remote control, atau tombol. Ketika dikombinasikan
dengan teknologi user interface canggih lainnya seperti perintah suara dan pengenalan wajah , gerak tubuh
dapat membuat pengalaman pengguna yang kaya yang berusaha untuk memahami
manusia "bahasa," demikian memicu gelombang berikutnya inovasi
elektronik.
Gambar 1. Menyentuh komputer tablet
atau layar smartphone tidak nyaman (di terbaik, dan lebih mungkin mustahil)
ketika Anda berada di dapur dan tangan Anda yang dilapisi dengan bahan-bahan
memasak (a). Demikian pula, pasir, matahari lotion dan air menggabungkan untuk
membuat layar sentuh tidak layak di pantai, dengan asumsi perangkat bahkan
dalam jangkauan (b).
Bukan hanya elektronik konsumen
Ketika kebanyakan orang berpikir dari pengakuan isyarat, mereka sering membayangkan seseorang melambaikan tangannya nya, lengan atau badan dalam upaya untuk mengendalikan permainan atau aplikasi lain pada layar besar layar. Studi kasus dari kecenderungan ini mencakup Microsoft Kinect perifer untuk Xbox 360, bersama dengan berbagai solusi gesture menambah remote kontrol tradisional untuk televisi dan keyboard, mouse, layar sentuh dan trackpad untuk komputer. Pada baru-baru ini Consumer Electronics Show, misalnya, beberapa produsen TV memamerkan model kamera-inklusif yang diterapkan tidak hanya gerakan kontrol tetapi juga berbagai wajah fitur pengenalan-enabled. Demikian pula, Intel melenguh keragaman kemampuan imaging-diaktifkan untuk desain Ultrabook-nya.
Ketika kebanyakan orang berpikir dari pengakuan isyarat, mereka sering membayangkan seseorang melambaikan tangannya nya, lengan atau badan dalam upaya untuk mengendalikan permainan atau aplikasi lain pada layar besar layar. Studi kasus dari kecenderungan ini mencakup Microsoft Kinect perifer untuk Xbox 360, bersama dengan berbagai solusi gesture menambah remote kontrol tradisional untuk televisi dan keyboard, mouse, layar sentuh dan trackpad untuk komputer. Pada baru-baru ini Consumer Electronics Show, misalnya, beberapa produsen TV memamerkan model kamera-inklusif yang diterapkan tidak hanya gerakan kontrol tetapi juga berbagai wajah fitur pengenalan-enabled. Demikian pula, Intel melenguh keragaman kemampuan imaging-diaktifkan untuk desain Ultrabook-nya.
Namun, pengakuan isyarat sebagai
skema antarmuka pengguna juga berlaku untuk berbagai aplikasi di luar
elektronik konsumen. Di pasar otomotif, misalnya, gerakan dipandang sebagai
add-on fitur kenyamanan-driven untuk mengendalikan menetas belakang dan pintu
geser samping . Kamera sudah terpasang di belakang kendaraan untuk
membalikkan, dan kaca spion samping untuk peringatan blind spot, juga dapat
digunakan untuk kemampuan tambahan. Sebagai sopir mendekati mobil, sensor jarak
mendeteksi kunci kontak dalam saku atau tas dan menyalakan kamera. Gelombang
berikutnya sesuai tangan pengemudi atau kaki bisa memulai pembukaan menetas
belakang atau pintu samping.
Potensi kasus penggunaan otomotif
lainnya adalah di dalam kabin, ketika seorang individu tidak bisa (atau
setidaknya harus tidak) meraih tombol tertentu atau tombol saat
berkendara namun tetap ingin menjawab panggilan ponsel masuk atau menu
perubahan pada konsol atau infotainment satuan. Sebuah gerakan tangan sederhana
dapat menjadi sarana yang lebih aman, lebih cepat dan sebaliknya lebih nyaman
untuk mencapai tugas seperti itu. Banyak produsen otomotif saat ini
bereksperimen dengan (dan dalam beberapa kasus telah menunjukkan publik)
isyarat sebagai alat untuk kontrol pengguna di dalam mobil, di antara motivasi
lain sebagai kemampuan keamanan tambahan.
Kesempatan pengakuan isyarat
tambahan ada di aplikasi medis di mana, untuk alasan kesehatan dan keselamatan,
perawat atau dokter mungkin tidak dapat menyentuh layar atau trackpad tapi
masih perlu untuk mengontrol sistem. Dalam kasus lain, profesional medis
mungkin tidak dalam jangkauan layar namun masih perlu memanipulasi konten yang
sedang ditampilkan di layar. Gerakan yang sesuai, seperti gesekan tangan atau
menggunakan jari sebagai mouse virtual, adalah cara yang lebih aman dan lebih
cepat untuk mengontrol perangkat.
Microsoft "Kinect
Effect" Video memamerkan sejumlah aplikasi maka dalam pengembangan untuk
Kinect untuk Windows (dan konseptual berlaku untuk teknologi sensor 2-D dan 3-D
lainnya, juga).
Interface
Gesture juga berguna dalam situasi rehabilitasi. GestureTek ini IREX, misalnya,
memandu pasien melalui latihan interaktif yang menargetkan bagian tubuh
tertentu. Dan aplikasi yang berhubungan dengan kesehatan konvensional kurang
untuk pengakuan isyarat juga ada. Sebagai contoh, pengguna dengan cacat fisik
mungkin tidak dapat menggunakan keyboard atau mouse konvensional melainkan bisa
memanfaatkan pengakuan mimik wajah sebagai alat kontrol. Dan penelitian
universitas aktif juga dilakukan menggunakan isyarat pengakuan sebagai sarana
menerjemahkan bahasa isyarat ke teks dan pidato.
Sumber :
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.eetimes.com/document.asp%3Fdoc_id%3D1280756&prev=search
http://senalastiansah.blogspot.com/2012/10/pengertian-user-interface-user.html
Diakses
pada tanggal 4 November 2014
Pukul
9.00 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar