Minggu, 07 Desember 2014

Komunikasi dan Jaringan Komputer

Komunikasi komputer menggambarkan proses di mana dua data atau lebih komputer atau perangkat mentransfer, instruksi, dan informasi. Bahkan komputer terkecil dapat berkomunikasi secara langsung satu sama lain, dengan ratusan komputer pada jaringan perusahaan, atau dengan jutaan komputer lain di seluruh dunia melalui Internet. Beberapa komunikasi melibatkan kabel dan kawat yang dikirim secara nirkabel melalui udara. Hal-hal yang diperlukan untuk berkomunikasi, antara lain sebagai berikut :
·         Sebuah perangkat pengirim untuk mengirimkan data, instruksi, atau informasi.
·         perangkat komunikasi yang menghubungkan perangkat pengirim ke saluran komunikasi.
·         saluran komunikasi, atau media transmisi dimana data, instruksi, atau perjalanan informasi.
·          perangkat komunikasi yang menghubungkan saluran komunikasi ke perangkat penerima.
·          Sebuah perangkat penerima yang menerima transmisi data, instruksi, atau informasi.

Penggunaan Komunikasi Komputer

Di era sekarang ini, banyak sekali hal yang mengharuskan pengguna berlangganan ke akses Internet. Dengan komunikasi komputer lain, sebuah organisasi seperti bisnis atau sekolah menyediakan layanan komunikasi kepada karyawan, mahasiswa, atau pelanggan. Halaman-halaman berikut membahas berbagai komunikasi komputer.

Berikut contoh-contoh aplikasi komunikasi komputer : Blogs, Chat Rooms, E-Mail, Fax, FTP, Instant Messaging, Internet, Newsgroups, RSS, Video Conferencing, VoIP, Web, Web 2.0, Web Folders, and Wiki
Halaman-halaman berikut membahas berbagai kegunaan lain dari komunikasi. Antara lain layanan wireless, jalur akses internet nirkabel, cybercafe, sistem penentuan posisi global, kolaborasi, groupware, voice mail, dan layanan Web.
Wireless Messaging Services : Pengguna dapat mengirim dan menerima pesan nirkabel ke dan dari HP maupun perangkat mobile lainnya. Jenis pesan yang Anda gunakan tergantung pada layanan yang ditawarkan oleh penyedia layanan Internet nirkabel (WISP) yang bekerjasama dengan ponsel atau perangkat mobile lainnya. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat menerima pesan tersebut tanpa biaya dan membayar per penggunaan atau biaya bulanan untuk mengirim pesan kepada orang lain.

Pesan Teks
Sebuah perangkat mobile dengan pesan teks, juga disebut SMS (layanan pesan singkat), kemampuan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan teks singkat, biasanya kurang dari 300 karakter, pada ponsel atau perangkat mobile lainnya atau komputer
Gambar / Pesan Video
Dengan pesan gambar, pengguna dapat mengirim gambar dan file suara, serta pesan teks singkat, ke telepon atau perangkat mobile lainnya, atau komputer. Dengan pesan video, pengguna dapat mengirim klip video pendek, biasanya sekitar 30 detik panjangnya, di samping semua layanan pesan gambar. Ponsel pintar dan perangkat mobile lainnya dengan pesan gambar / video, juga disebut MMS (layanan pesan multimedia), capab ility biasanya memiliki kamera digital yang dibangun ke dalam perangkat. Pengguna yang mengharapkan untuk menerima berbagai pesan gambar / video harus memverifikasi ponsel memiliki memori yang memadai
.
Jika Anda mengirim pesan gambar ke telepon yang tidak memiliki kemampuan pesan gambar / video, telepon biasanya menampilkan pesan teks yang mengarahkan pengguna ke halaman Web yang berisi pesan gambar / video. Beberapa jaringan sosial online memungkinkan Anda untuk mengirim pesan gambar / video ke nomor yang ditetapkan untuk mengirim pesan secara otomatis ke profil online Anda.
Wireless Pesan Instan
Wireless instant messaging (IM) adalah real-time komunikasi internet layanan yang memungkinkan perangkat mobile nirkabel untuk bertukar pesan dengan satu atau lebih perangkat mobile atau pengguna online. Beberapa gumpalan bermitra dengan layanan IM sehingga Anda dapat menggunakan ponsel pintar atau perangkat mobile lainnya ke
mengirim dan menerima pesan instan nirkabel. Layanan nirkabel AT & T, misalnya, memungkinkan komunikasi melalui berbagai Sengers-pesan instan seperti AIM (AOL Instant Messenger), Windows Live Messenger, dan Yahoo! Messenger
Wireless Access Points Internet
Di rumah, tempat kerja, sekolah, dan di banyak lokasi umum, orang terhubung secara nirkabel ke Internet melalui titik akses internet nirkabel menggunakan komputer notebook, ponsel pintar, konsol game genggam, atau perangkat lainnya. Pengguna mengakses jalur akses internet nirkabel dengan komputer atau perangkat yang memiliki built-in diperlukan kemampuan nirkabel atau kartu jaringan nirkabel yang sesuai, adapter jaringan USB, modul ExpressCard, atau PC Card. Dua jenis jalur akses internet nirkabel hot spot dan jaringan mobile wireless. Sebuah hot spot adalah jaringan nirkabel yang menyediakan koneksi internet untuk komputer mobile dan perangkat. Melalui hot spot, pengguna ponsel memeriksa e-mail, browsing web, dan mengakses layanan apapun di Internet. Tiga teknologi hot spot adalah Wi-Fi, WiMAX, dan Bluetooth. Wi-Fi hot spot menyediakan nirkabel pemantulan jaringan samb untuk pengguna di lokasi umum seperti bandara dan pesawat terbang, stasiun kereta api, hotel, pusat konvensi, sekolah, berkemah, marina, pusat perbelanjaan, toko buku, perpustakaan, restoran, dan toko-toko kopi. Rentang erage-perjanjian untuk WiMAX hot spot bisa jauh lebih luas daripada Wi-Fi; misalnya, mereka bisa menutupi seluruh kota. Bluetooth hot spot menyediakan layanan berbasis lokasi, seperti mengirim kupon atau menu, untuk pengguna yang perangkat berkemampuan memasuki kisaran cakupan. Bagian selanjutnya dalam bab ini membahas Wi-Fi, WiMAX, dan Bluetooth secara lebih rinci. Beberapa hot spot menyediakan akses internet gratis, beberapa mengenakan biaya per-gunakan, dan lain-lain mengharuskan pengguna untuk berlangganan WISP, untuk yang mereka membayar biaya per-akses, biaya sehari-hari, atau biaya bulanan.
warnet
Ketika pengguna ponsel bepergian tanpa komputer notebook atau Internet memungkinkan perangkat mobile, mereka dapat mengunjungi warnet untuk mengakses e-mail, web, dan layanan internet lainnya. Sebuah warnet, atau kafe Internet, adalah kedai kopi, restoran, atau lokasi lain yang menyediakan komputer pribadi dengan akses internet kepada pelanggan. Warnet yang ada di kota-kota di seluruh dunia. Meskipun beberapa menyediakan akses Internet gratis, sebagian besar mengenakan per jam atau biaya menit per-. Beberapa warnet juga yang hot spot, menyediakan koneksi internet nirkabel untuk pengguna dengan komputer mobile dan perangkat.
Global Positioning System
Global Positioning System (GPS) adalah sistem navigasi yang terdiri dari satu atau lebih penerima yang berfungsi untuk menganalisis sinyal yang dikirim oleh satelit untuk menentukan lokasi geografis penerima. GPS adalah aplikasi pertama dan paling banyak digunakan untuk membantu orang-orang dengan menentukan di mana mereka berada. Kegunaan GPS lainnya adalah : membuat peta, memastikan rute terbaik antara dua titik, menemukan orang hilang, memantau pergerakan orang atau objek, menentukan ketinggian, dan menghitung kecepatan. Beberapa receiver GPS bekerja sama dengan jaringan nirkabel seluler.
groupware
Groupware adalah perangkat lunak yang membantu kelompok-kelompok orang bekerja sama
dalam menggarap proyek dan berbagi informasi melalui jaringan. Groupware adalah bagian dari sebuah konsep yang luas yang disebut komputasi workgroup, yang meliputi perangkat keras jaringan dan perangkat lunak yang memungkinkan anggota kelompok untuk berkomunikasi, mengelola proyek, jadwal pertemuan, dan membuat keputusan kelompok. Voice Mail
Voice mail
berfungsi seperti mesin penjawab untuk meninggalkan pesan suara. Dalam system computer, pesan suara mengkonversi suara analog   menjadi digital. Setelah didigitalkan, pesan tersebut akan disimpan dalam kotak suara. Kotak suara adalah lokasi penyimpanan pada hard disk dalam sistem pesan suara.
kolaborasi
Banyak program yang menyediakan sarana untuk berkolaborasi atau bekerja secara online dengan pengguna lain yang terhubung ke server. Perangkat lunak kolaboratif termasuk alat yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen melalui online dan berkomunikasi dengan pengguna lain yang terhubung. Pertemuan online berlangsung di Web disebut juga konferensi Web. Contoh perangkat lunak kolaboratif : Acr o bat Connect, GoToMeeting, Microsoft Groove, Microsoft Office Live Meeting, dan Google Wave.
 Google Docs adalah sistem manajemen dokumen berbasis web dengan layanan dasar yang tersedia untuk pelanggan tanpa biaya dan layanan premium tersedia untuk biaya. Dengan Google Docs, beberapa pengguna dapat bekerja pada dokumen yang sama pada waktu yang sama, melihat suntingan satu sama lain karena mereka masuk.
Web Services
Web Services adalah perangkat lunak standar yang memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer remote lainnya melalui Internet atau jaringan bisnis internal. Banyak orang berbisnis menggunakan layanan web. Hal ini karena karena web services menyediakan sarana untuk berkomunikasi satu sama lain antara pemasok, vendor, dan dengan klien. Sebagai contoh, vendor pihak ketiga dapat menggunakan layanan Web untuk berkomunikasi dengan situs web toko online mereka untuk mengelola tingkat persediaan mereka. Layanan web sering memberikan konten untuk mashup. Mashup adalah aplikasi web yang menggabungkan layanan dari dua atau lebih sumber atau menciptakan aplikasi baru. Sebuah bisnis e-commerce, misalnya, mungkin menentukan alamat toko ritel terdekatnya dari situs Web-nya dan menggabungkan lokasi dengan peta dari sebuah situs web perjalanan dan pemetaan untuk memberikan pengunjung situs web dengan arah mengemudi. Layanan web tidak memerlukan bahasa pemrograman tertentu, sistem operasi, atau browser Web.


Jaringan Komputer
Jaringan computer adalah sebuah system yang terdiri atas computer dan perangkat jaringan lainnya seperti kabel, Switch, Hub, Router, dll yang bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang  sama.
Tujuan  jaringan computer adalah :
-          Berbagi sumber daya.
Contoh : Berbagi pemakaian printer,berbagi hardisk, berbagi Cd Rom Drive
-          Komunikasi
Contoh : E-mail, Chating
-          Akses Informasi
Contoh : Web browsing.
Untuk mencapai tujuan yang sama pada tiap bagian jaringan computer meminta dan memberikan layanan(service).
Computer yang meminta layanan disebut klien(client) sedangkan yang memberikan layanan disebut server.
Sebuah jaringan dapat dihubungkan dengan berbagai media komunikasi antara lain :
- Kabel
- Radio
- Satelit
Manfaat Jaringan Komputer
-          Resource Sharing, dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersamasama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan computer mangatasi masalah jarak.
-           Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.
-           Menghemat uang. Komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang  lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan computer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari computer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputerkomputer pribadi.


Jenis-jenis Jaringan Komputer
Jenis-jenis jaringan computer ditentukan berdasarkan jarak jangkauannya, secara umum terdiri atas lima jenis, yaitu :
1.      Local Area Network (LAN)
Local area network adalah hubungan satu komputer dengan komputer lain dalam suatu ruang atau gedung tertentu. Dengan Local area network maka kita dapat berbagi pakai sumber daya komputer antara seorang user dengan user lain. Selain itu dapat juga untuk sharing (berbagi pakai) dokumen pekerjaan dengan user lain. Kita dapat membuka file atau dokumen tanpa harus duduk didepan komputer dimana dokumen tersebut disimpan. Pendek kata dengan adanya local area network maka akan mempercepat proses pertukaran dokumen dan menaikkan kinerja suatu perusahaan.
Namun dengan adanya local area network ini juga membuka peluang untuk terjadinya penyimpangan-penyimpangan terhadap dokumen yang di share sehingga menimbulkan kerawaan terhadap dokumen-dokumen yang bersifat rahasia dibuka oleh user yang tidak berhak. Dalam rangka ini sistem windows telah menyediakan fasilitas dalam rangka untuk memproteksi data dan informasi tidak terjadi penyimpangan. Namun terjadi dan tidaknya penyimpangan akan kembali lagi kepada user maupun administrator bisakan dia bertanggungjawab terhadap pekerjaannya.

2.      Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN) adalah sebuah jaringan menggunakan teknologi yang sama dengan LAN, hanya ukurannya biasanya lebih luas dari pada LAN dan biasanya MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau antar sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum. MAN pun mampu menunjang data dan suar, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televise kabel.

3.      Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang lebih luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan LAN, MAN, dan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program aplikasi pemakai.

4.      Internet (Interconected Network)
Internet adalah kumpulan dari beberapa jenis jaringan yang berbeda LAN, WAN, atau keduanya mencakup seluruh dunia yang saling terkoneksi.

5.      Wireless(Jaringan Tanpa Kabel)
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bias dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

A.    Topologi Jaringan
Topologi jaringan adalah cara menghubungkan computer yang satu dengan computer yang lainnya sehingga membentuk jaringan. Didalam jaringan computer ada beberapa topologi yang digunakan, masing-masing topologi mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Topologi yang banyak digunakan antara lain :
1.      Topologi Bus
Topologi bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel coaxiall menjamur. Karakteristik topologi ini yaitu satu kabel yang kedua ujungnya ditutup dimana sepanjang kabel terdapat node-node, paling prevevalent karena sederhana dalam instalasi, signal melewati kabel 2 arah dan mungkin terjadi collision.


Keuntungan
• Hemat kabel
• Layout kabel sederhana
• Mudah dikembangkan
Kerugian
• Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
• Kepadatan lalu lintas
• Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.
• Diperlukan repeater untuk jarak jauh

2.      Topologi Token Ring
Topologi ring adalah topologi yang informasi dan data serta traffic disalurkan sedemikian rupa. Umumnya fasilitas ini memanfaatkan fiber optic sebagai sarananya. Karakteristik topologi ini yaitu lingkaran tertutup yang berisi node-node(titik), sederhana dalam layout, signal mengalir dalam satu arah sehingga menghindarkan terjadinya collision.

Keuntungan
ü  Hemat Kabel
ü  Tidak terjadi collision/tabrakan pengiriman data.
Kerugian
ü  Jika terjadi gangguan disuatu node maka seluruh jaringan akan mengalami gangguan.
ü  Peka kesalahan.
ü  Pengembangan jaringan lebih kaku

3.      Topologi Star
Topologi star merupakan topologi yang banyak digunakan diberbagai tempat, karena kemudahan untuk menambah, mengurangi, atau mendeteksi kerusakan jaringan yang ada. Karakteristik topologi ini yaitu setiap node berkomunikasi langsung dengan central node, traffic data mengalir dari node ke central node dan kembali lagi, mudah dikembangkan karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung terhubung ke central node, keunggulan jika satu kabel node terputus maka yang lainnya tidak akan terganggu.

Keuntungan
ü  Paling fleksibel
ü  Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
ü  Kontrol terpusat
ü  Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
ü  Kemudahaan pengelolaan jaringan
Kerugian
ü  Boros kabel
ü  Perlu penanganan khusus
ü  Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis


B.     Protokol Jaringan
Protokol adalah aturan dan standar yang memungkinkan komputer untuk dapat saling berkomunikasi.
Bagi komputer pengirim (sender) maupun 
penerima (receiver) yang terlibat dalam sebuah proses pengiriman data, mereka harus dapat mendeteksi dan menggunakan protokol yang sama. Untuk melakukan pertukaran data sender dan receiver (host) harus sepakat tentang bagaimana bentuk dan arti data tersebut, misalya ketika sebuah host mengirimkan data 1 dan 0 ke host lainnya, kedua host harus sepakat tentang arti dari data 1 dan 0 yang dikirimkan itu. Hal ini serupa dengan dua orang yang akan melakukan sebuah percakapan, mereka harus setuju tentang siapa yang akan berbicara pertama kali, bagaimana mengungkapkannya, bagaimana memahaminya sehingga dapat dimengerti dan bagaimana cara mengakhiri percakapan tersebut.
Agar dapat berkomunikasi antara satu komputer dengan komputer lainnya diperlukan sebuah protokol jaringan. Protokol jaringan yang digunakan adalah protokol
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP disamping protokol berlapis juga mengikuti standar ISO (International Organization of Standard) dan
OSI (Open System Interconnection) yang memungkinkan untuk berkomunikasi seluruh dunia walaupun platform yang digunakan berbeda-beda. OSI menerapkan 7 lapis (layer), namun oleh TCP/IP diringkas menjadi 5 lapis saja. lebih jelasnya lihat tabel dibawah ini :


Untuk dapat mengenali satu komputer dengan komputer lainnya maka masing-masing komputer tersebut oleh TCP/IP diberi alamat IP(IP address). IP Addres adalah alamat yang diberikan pada jaringan computer dan peralatan jaringan yang menggunakan protocol TCP / IP. Pengalamatan IP ini berupa nomor 32 bit angka biner yang terdiri atas
alamat subnet ( Network ID) dan host (Host ID).
Network ID untuk menentukan alamat jaringan computer sedangkan
Host ID untuk menentukan alamat host(computer, router, switch). 
Cara penulisannya dibagi empat kelompok angka decimal yang dipisahkan oleh tanda titik. Contoh penulisannya sebagai berikut :
192.168.1.5

Tabel IP Address



Agar tidak membingungkan maka IP diorganisasikan atas beberapa kelas, dimana :
ü  klas A : jika oktet pertama mempunyai nilai 0 s/d 127, yang mendukung 16.777.214 host
ü  klas B : jika oktet pertama mempunyai nilai dari 128 s/d 191, yang mendukung 65.543 host
ü  klas C : jika oktet pertama mempunyai nilai dari 192 s/d 223, yang mendukung 254 host dengan 2.097,92 alamat klas C.


A.    Domain Name System (DNS)
Domain Name System (DNS) adalah suatu system yang memungkinkan nama sustu host pada jaringan computer atau internet ditranslasikan menjadi IP Address.
a.       Root-level domain: merupakan tingkat teratas yang ditampilkan sebagai tanda titik (.).
b.      Top level domain: kode kategori organisasi atau Negara misalnya : .com untuk dipakai oleh perusahaan, .edu untuk dipakai oleh perguruan tinggi, .gov untuk dipakai oleh badan pemerintahan.selain itu untuk membedakan pemakain nama oleh suatu Negara dengan Negara lain digunakan tanda misalnya .id untuk Indonesia atau .au untk Australia.
c.       Second level domain: merupakan nama untuk organisasi atau perusahaan, misalnya: Microsoft.com, yahoo.com, dan lain-lain.
B.     Type Jaringan Komputer
Berdasarkan peranan dan hubungan tiap computer dalam memproses data, Type Jaringan dibagi menjadi 2, yaitu :
1.      Jaringan Client-Server
Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Server dijaringan tipe client-server disebut dengan dedicated server karena murni berperan sebagai penyedia fasilitas untuk workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.
Keunggulan :
ü  Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu computer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain seperti sebagai workstation.
ü  System keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat sebuah computer yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan system keamanan jaringan.
ü  System backup data lebih baik,karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat diserver, yang akan membackup seluruh data yang digunakan didalam jaringan.
Kelemahan :
ü  Biaya operasional relatif lebih mahal.
ü  Diperlukan adanya satu computer kusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.
ü  Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.



2.      Jaringan Peer to Peer
Jaringan peer to peer biasa disebut dengan istilah non-dedicated karena pada jaringan ini semua computer mempunyai kedudukan yang sama, artinya semua computer dapat bertindak sebagai server dan juga bisa bertindak sebagai client/tidak ada computer yang menjadi server murni.
Keunggulan :
ü Antar computer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti: harddisk, disk drive, fax / modem, printer.
ü Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server, salah satunya karena tidak memerlukan server yang memiliki kemempuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
ü Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server, sehingga bila salah satu computer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruan tidak akan mengalami ganguan.
Kelemahan :
ü Pencarian solusi masalah jaringan relative lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Di jaringan client-server, komunikasi adalah antara server dengan workstation.
ü Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client-server, karena setiap computer/peer disaming harus mengolola pekerjaan atau aplikasi sendiri.
ü System keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur keamanan masing-masing fasilitas yang dimiiki.
ü Karena data jaringan tersebar di masig-masing computer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing- masing komputer tersebut.


  •       Intranet
Intranet adalah jaringan internal yang menggunakan teknologi internet. Intranet umumnya membuat informasi perusahaan untuk dapat diakses oleh karyawan dan fasilitas bekerja dalam kelompok. Aplikasi intranet sederhana meliputi penerbitan elektronik bahan organisasi seperti direktori telepon, kalender event, manual prosedur, informasi karyawan, dan lowongan pekerjaan. Intranet biasanya terhubung ke Internet. Memiliki server Web, mendukung halaman web yang mengandung multimedia, dan dapat diakses melalui web browser seperti Internet Explorer, Firefox, Opera, Safari, dan Google Chrome. Pengguna dapat memperbarui informasi pada intranet dengan  memposting halaman Web, menggunakan metode yang sama dengan yang digunakan di Internet.

  •       Jaringan Komunikasi Standar
Jaringan ini menghubungkan terminal, perangkat, dan komputer dari berbagai pabrikan yang berbeda di berbagai jenis jaringan, seperti luas, area lokal, dan wireless. Untuk perangkat yang berbeda pada berbagai jenis jaringan untuk dapat berkomunikasi, jaringan harus menggunakan teknik yang mirip memindahkan data melalui jaringan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Sebagai contoh, sebuah komputer mainframe IBM tidak dapat berkomunikasi secara langsung dengan jaringan Apple Macintosh beberapa bentuk terjemahan harus terjadi untuk perangkat pada kedua jenis jaringan untuk berkomunikasi.

  •       Ethernet
Ethernet adalah standar jaringan yang menentukan adanya komputer pusat atau perangkat pada jaringan (node) harus mengontrol kapan data dapat dikirim, yaitu setiap node mencoba untuk mengirimkan data ketika menentukan jaringan tersedia untuk menerima komunikasi. Ethernet didasarkan pada topologi bus, tetapi jaringan Ethernet dapat ditransfer dalam pola bintang. Jaringan Ethernet sering menggunakan kabel untuk mengirimkan data. Pada 10 Mbps (juta bit per detik) kecepatan transfer data, standar Ethernet asli tidak secepat standar saat ini.

 
  •       Token Ring
Standar token ring menetapkan bahwa komputer dan perangkat pada jaringan dapat berbagi data menggunakan sinyal khusus, yang disebut token, secara searah dan dalam urutan yang telah ditetapkan. Token adalah seri khusus bit yang berfungsi seperti tiket. Perangkat dengan token dapat mengirimkan data melalui jaringan. Hanya ada satu tanda per jaringan. Hal ini memastikan bahwa hanya satu komputer mengirimkan data pada satu waktu. 

  •       TCP / IP
TCP / IP adalah standar jaringan, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana pesan (data) yang diarahkan dari satu ujung jaringan ke yang lain, memastikan data tiba dengan benar. TCP / IP menggambarkan aturan untuk terbagi secara pesan menjadi potongan-potongan kecil, disebut paket; menyediakan alamat untuk setiap paket, memeriksa dan mendeteksi kesalahan, paket sequencing, dan mengatur aliran pesan di sepanjang jaringan. 

  •       Wi-Fi  
Komputer dan perangkat yang memiliki kemampuan nirkabel yang sesuai dapat berkomunikasi melalui gelombang radio dengan komputer lain atau perangkat yang menggunakan Wi-Fi (wireless fidelity), yang identitas jaringan berdasarkan standar 802.11. 802.11 adalah serangkaian standar network yang menentukan bagaimana dua perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara dengan satu sama lain. Wi-Fi kadang-kadang disebut sebagai Ethernet nirkabel karena menggunakan teknik yang mirip dengan standar Ethernet untuk menentukan bagaimana secara fisik untuk mengkonfigurasi jaringan nirkabel. 

  •       Bluethooth
Bluetooth adalah standar jaringan, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan jarak pendek gelombang radio untuk transfer data. Transfer data antar perangkat pada tingkat hingga 3 Mbps. Untuk berkomunikasi satu sama lain, perangkat Bluetooth sering harus berada dalam jarak sekitar 10 meter (sekitar 33 kaki), tetapi dapat diperpanjang hingga 100 meter dengan peralatan tambahan. Untuk komputer dan perangkat Bluetooth tidak diaktifkan, Anda dapat membeli port adaptor nirkabel Bluetooth yang akan mengkonversi port USB yang ada ke port Bluetooth. Sebagian besar sistem operasi saat ini memiliki built-in dukungan Bluetooth.

  •      UWB
UWB merupakan singkatan dari Ultra wideband, merupakan standar jaringan yang menentukan bagaimana dua perangkat UWB menggunakan gelombang radio shortrange untuk berkomunikasi pada kecepatan tinggi.

  •       IrDA
Komputer dan perangkat menggunakan standar IrDA untuk mengirimkan data secara nirkabel ke satu sama lain melalui inframerah gelombang (IR) cahaya. Data Transfer perangkat pada tingkat dari 115 Kbps (ribu bit per detik) sampai 4 Mbps antara port IrDA mereka. Infrared membutuhkan line-of-sight transmisi: yaitu, perangkat pengirim dan perangkat penerima harus sejalan satu sama lain sehingga tidak ada yang menghalangi jalan gelombang cahaya inframerah. 

  •       RFID
RFID (radio frequency identification) adalah standar, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag ditempatkan di dalam atau melekat pada suatu objek, binatang, atau orang. Tag, disebut transponder, terdiri dari antena dan chip memori yang berisi informasi yang akan dikirim melalui gelombang radio. Melalui antena, pembaca RFID, juga disebut transceiver, membaca sinyal radio dan transfer informasi ke perangkat komputer atau komputasi.

  •       WiMAX
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access), juga dikenal sebagai 802,16, merupakan standar jaringan yang dikembangkan oleh IEEE yang menentukan bagaimana perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara di wilayah yang luas. 

  •      WAP
Wireless Application Protocol (WAP) adalah standar, khususnya protokol, yang fies spesimen bagaimana beberapa perangkat mobile seperti ponsel pintar dapat menampilkan isi dari layanan internet seperti web, e-mail, dan chat room.

Perangkat Lunak Komunikasi

        Perangkat lunak komunikasi terdiri dari beberapa program, antara lain :
(1) membantu pengguna membuat sambungan listrik ke komputer lain atau jaringan
(2) mengatur transmisi data, instruksi, dan informasi
(3) menyediakan antarmuka bagi pengguna untuk berkomunikasi dengan satu sama lain.

Komunikasi melalui Jaringan Telepon

Public switched telephone network (PSTN) adalah sistem telepon di seluruh dunia yang menangani panggilan telepon suara-berorientasi. Hampir jaringan telepon seluruh hari menggunakan teknologi digital, dengan pengecualian link akhir dari perusahaan telepon lokal ke rumah, yang sering analog. Jaringan telepon merupakan bagian integral dari komunikasi komputer. Data, instruksi, dan informasi yang dikirim melalui jaringan telepon tele menggunakan jalur dial-up atau jalur khusus. Bagian berikut membahas berbagai jenis garis yang menggunakan jaringan telepon untuk komunikasi data :
Dial-Up Lines Garis dial-up adalah koneksi sementara yang menggunakan satu atau lebih saluran telepon analog untuk komunikasi.
Dedicated Garis A dedicated line adalah jenis koneksi yang dibuat antara dua perangkat komunikasi (seperti garis dial-up di mana sambungan dibangun kembali setiap kali digunakan). 
ISDN Garis, untuk bisnis dan rumah pengguna kecil, saluran ISDN menyediakan kecepatan transfer yang lebih cepat daripada dial-up saluran telepon. Tidak seperti banyak digunakan saat ini seperti di masa lalu, ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah satu set standar untuk misi trans digital data melalui saluran telepon tembaga standar.
DSL adalah garis alternatif digital populer untuk usaha kecil atau rumah pengguna. DSL (Digital Subscriber Line) mentransmisikan pada kecepatan cepat pada yang ada secara tembaga standar kabel telepon.
Garis T-carrier adalah salah satu dari beberapa jenis jarak jauh saluran telepon digital yang membawa beberapa sinyal melalui garis nications-komunitas tunggal. Sedangkan saluran telepon standar dial-up hanya membawa satu sinyal, garis T-carrier digital menggunakan multiplexing sehingga sinyal tiple mul- berbagi garis. Garis T-carrier menyediakan kecepatan transfer data yang sangat cepat.

KOMUNIKASI PERANGKAT

   Perangkat  komunikasi adalah setiap jenis perangkat keras yang mampu mentransmisikan data, instruksi, dan informasi antara perangkat pengirim dan perangkat penerima. Pada akhir pengiriman, perangkat komunikasi mengirimkan data, instruksi, atau informasi dari perangkat pengirim ke saluran komunikasi. Pada sisi penerima, perangkat komunikasi menerima sinyal dari saluran komunikasi. Berikut ini akan menjelaskan jenis komunikasi perangkat: modem dial-up, modem digital, modem nirkabel, kartu jaringan, kawat-jalur akses kurang, router, dan hub dan switch.

 Dial-Up Modem 
Modem dial-up adalah perangkat komunikasi yang dapat mengkonversi sinyal digital ke sinyal analog dan sinyal analog ke sinyal digital, sehingga data dapat melakukan perjalanan sepanjang saluran telepon analog.

Digital Modem: ISDN, DSL, dan kabel Modem digital 
Adalah perangkat komunikasi yang mengirim dan menerima data dan informasi ke dan dari garis digital. Tiga jenis modem digital ISDN modem, modem DSL, dan kabel modem. Modem ini biasanya termasuk built-in konektivitas Wi-Fi. Modem ISDN mengirimkan data digital dan informasi yang dari komputer ke saluran ISDN dan menerima data digital dan informasi dari saluran ISDN. Modem DSL mengirimkan data digital dan informasi dari komputer ke saluran DSL dan menerima data digital dan informasi dari saluran DSL. ISDN dan DSL modem biasanya adalah perangkat eksternal, di mana salah satu ujung terhubung ke saluran telepon dan ujung lainnya terhubung ke port pada unit sistem.

Wireless Modem
Beberapa pengguna ponsel memiliki modem wireless yang menggunakan jaringan ponsel untuk terhubung ke Internet secara nirkabel dari komputer notebook, ponsel pintar, atau perangkat mobile lainnya  Modem nirkabel, yang memiliki antena eksternal atau built-in, yang tersedia sebagai USB flash drive, modul ExpressCard, kartu PC, dan kartu memori. Beberapa ponsel pintar juga dapat berfungsi sebagai modem nirkabel ketika terhubung dengan kabel khusus untuk komputer pribadi.

Kartu Jaringan
Kartu jaringan, kadang-kadang disebut kartu antarmuka jaringan (NIC diucapkan nick), adalah perangkat nications-komunitas yang memungkinkan komputer atau perangkat yang tidak memiliki built-in kemampuan jaringan untuk mengakses jaringan. Kartu jaringan mengkoordinasikan pengiriman dan penerimaan data, instruksi, dan informasi ke dan dari komputer atau perangkat yang berisi kartu jaringan.

Wireless Access Points
Sebuah titik akses nirkabel adalah perangkat komunikasi utama yang memungkinkan komputer dan perangkat untuk trans- fer data yang secara nirkabel di antara mereka sendiri atau untuk mentransfer data secara nirkabel ke jaringan kabel.

Router
Router adalah perangkat komunikasi yang menghubungkan beberapa komputer atau router lain bersama-sama dan mengirimkan data ke jaringan.

Hub dan Switch
Sebuah hub atau switch adalah perangkat yang menyediakan titik sentral untuk kabel dalam jaringan. Jaringan yang lebih besar biasanya menggunakan hub, sementara networks lebih kecil menggunakan switch. Beberapa hub dan / atau switch termasuk router. Artinya, hub atau switch menerima data dari berbagai arah dan kemudian meneruskan ke satu atau lebih tujuan.

Rumah Jaringan


                 Banyak pengguna rumah yang menghubungkan beberapa komputer dan perangkat bersama-sama dalam jaringan rumah. Rumah jaringan menghemat uang pengguna rumah dan memberikan banyak kemudahan. Setiap jaringan komputer di rumah memiliki kemampuan sebagai berikut:
• Hubungkan ke Internet pada saat yang sama
• Berbagi satu koneksi Internet kecepatan tinggi
• Akses file dan program pada komputer lain di rumah
• Share peripheral seperti printer, scanner , hard disk eksternal, atau disc drive game
• Bermain multiplayer optik dengan pemain di komputer lain di rumah
• Sambungkan konsol game ke Internet
• Berlangganan dan menggunakan VoIP.
Tiga jenis jaringan rumah kabel Ethernet, kabel powerline, dan phoneline :

Jaringan Ethernet : Jaringan aringan Ethernet tradisional mengharuskan setiap komputer memiliki built-in kemampuan jaringan atau mengandung kartu jaringan, yang menghubungkan ke hub jaringan pusat atau perangkat serupa dengan kabel fisik. Ini mungkin melibatkan menjalankan kabel melalui dinding, langit-langit, dan lantai di rumah. Untuk pengguna rumahan, perangkat keras dan perangkat lunak dari jaringan Ethernet bisa sulit untuk mengkonfigurasi.

Powerline Kabel Jaringan : Jaringan yang menggunakan baris yang sama yang membawa listrik ke dalam rumah. Jaringan ini tidak memerlukan kabel tambahan. Salah satu ujung kabel colokan di port USB komputer dan ujung kabel colokan di stopkontak. 

Phoneline : Jaringan mudah-install dan murah yang menggunakan saluran telepon yang ada di rumah.

Wireless Home

Jaringan Untuk jaringan komputer dan perangkat yang menyertakan beberapa kamar atau lantai di rumah, mungkin lebih mudah untuk menggunakan strategi nirkabel. Salah satu keuntungan dari jaringan nirkabel adalah bahwa Anda dapat mengambil komputer mobile di luar.

Saluran Komunikasi

Saluran komunikasi adalah media transmisi dimana data, instruksi, atau perjalanan informasi dalam sistem komunikasi.  Jumlah data, instruksi, dan informasi yang dapat melakukan perjalanan melalui saluran komunikasi kadang-kadang disebut bandwidth. Semakin tinggi bandwidth, semakin saluran mentransmisikan. 

Media Transmisi Fisik

Media transmisi fisik yang digunakan dalam komunikasi termasuk kabel twisted-pair, kabel koaksial, dan kabel serat optik. 
Berikut  jenis kabel :

Twisted-Pair Kabel Salah satu media transmisi yang lebih banyak digunakan untuk jaringan kabel dan sistem telepon adalah kabel twisted-pair.
Kabel Coaxial terdiri dari kawat copper tunggal dikelilingi oleh setidaknya tiga lapisan: 
(1) bahan isolasi, 
(2) logam anyaman atau dikepang, dan 
(3 ) lapisan luar plastik.
kabel serat optik  terdiri dari puluhan atau ratusan helai tipis kaca atau tic plasminogen yang menggunakan cahaya untuk mengirimkan sinyal. Setiap helai, disebut serat optik, setipis rambut manusia. Di dalam kabel serat optik, kaca cladding isolasi dan lapisan pelindung mengelilingi setiap serat optik.

Wireless Transmission Media
Banyak pengguna memilih untuk media transmisi nirkabel karena lebih mudah daripada memasang kabel. Selain kenyamanan, bisnis menggunakan media transmisi nirkabel di lokasi di mana tidak mungkin untuk memasang kabel. Jenis media transmisi nirkabel yang digunakan dalam komunikasi termasuk inframerah, radio siaran, radio selular, oven microwave, dan komunikasi satelit.

Inframerah
Media transmisi nirkabel yang mengirimkan sinyal menggunakan gelombang cahaya inframerah.

Radio Siaran Radio Broadcast 
Media transmisi nirkabel yang mendistribusikan sinyal radio melalui udara jarak jauh seperti antara ies Kota-kota, daerah, dan negara-negara dan jarak pendek seperti dalam sebuah kantor atau rumah. 

Radio selular
Bentuk siaran radio yang digunakan secara luas untuk komunikasi mobile, sekutu fic tertentu modem nirkabel dan ponsel.

Komunikasi Personal Services (PCS) 
Untuk mengidentifikasi semua komunikasi digital nirkabel. Perangkat yang menggunakan PCS termasuk ponsel, PDA, pager, dan mesin faks. Perangkat ini memiliki voice mail, call forwarding, kemampuan faks, caller ID, dan modem nirkabel internet dan e-mail akses.

Microwave 
Gelombang radio yang menyediakan transmisi sinyal kecepatan tinggi. Transmisi microwave, sering disebut nirkabel tetap, melibatkan pengiriman sinyal dari satu stasiun microwave yang lain. Gelombang mikro dapat trans- data yang mit dengan harga sampai dengan 4.500 kali lebih cepat dari modem dial-up.





Refernsi :
Ø  eBook “Discovering Computer 2011” karya Garry B, Shelly, Misty E, Vermaat
Ø  Modul MGMP KKPI Kab. Tegal
Ø  Google.com







 


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar