Komunikasi komputer menggambarkan proses di mana dua
data atau lebih komputer atau perangkat mentransfer, instruksi, dan informasi.
Bahkan komputer terkecil dapat berkomunikasi secara langsung satu sama lain,
dengan ratusan komputer pada jaringan perusahaan, atau dengan jutaan komputer
lain di seluruh dunia melalui Internet. Beberapa komunikasi melibatkan kabel
dan kawat yang dikirim secara nirkabel melalui udara. Hal-hal yang diperlukan
untuk berkomunikasi, antara lain sebagai berikut :
·
Sebuah perangkat pengirim untuk mengirimkan data, instruksi, atau informasi.
·
perangkat komunikasi yang
menghubungkan perangkat pengirim ke
saluran komunikasi.
·
saluran komunikasi, atau media
transmisi dimana data,
instruksi, atau perjalanan informasi.
·
perangkat komunikasi yang menghubungkan saluran komunikasi ke
perangkat penerima.
Penggunaan Komunikasi
Komputer
Di era sekarang ini, banyak sekali hal yang mengharuskan pengguna berlangganan ke akses Internet. Dengan komunikasi komputer lain, sebuah organisasi seperti bisnis atau sekolah menyediakan layanan komunikasi kepada karyawan, mahasiswa, atau pelanggan. Halaman-halaman berikut membahas berbagai komunikasi komputer.
Berikut contoh-contoh aplikasi komunikasi komputer : Blogs,
Chat Rooms, E-Mail, Fax, FTP, Instant Messaging, Internet, Newsgroups, RSS,
Video Conferencing, VoIP, Web, Web 2.0, Web Folders, and Wiki
Halaman-halaman
berikut
membahas berbagai kegunaan lain dari
komunikasi. Antara lain layanan wireless, jalur
akses internet nirkabel, cybercafe, sistem penentuan posisi global,
kolaborasi, groupware, voice mail, dan layanan Web.
Wireless Messaging Services : Pengguna dapat mengirim dan menerima pesan nirkabel ke dan dari HP maupun perangkat mobile lainnya. Jenis pesan yang Anda gunakan tergantung pada layanan yang ditawarkan oleh penyedia layanan Internet nirkabel (WISP) yang bekerjasama dengan ponsel atau perangkat mobile lainnya. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat menerima pesan tersebut tanpa biaya dan membayar per penggunaan atau biaya bulanan untuk mengirim pesan kepada orang lain.
Wireless Messaging Services : Pengguna dapat mengirim dan menerima pesan nirkabel ke dan dari HP maupun perangkat mobile lainnya. Jenis pesan yang Anda gunakan tergantung pada layanan yang ditawarkan oleh penyedia layanan Internet nirkabel (WISP) yang bekerjasama dengan ponsel atau perangkat mobile lainnya. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat menerima pesan tersebut tanpa biaya dan membayar per penggunaan atau biaya bulanan untuk mengirim pesan kepada orang lain.
Pesan
Teks
Sebuah perangkat mobile dengan pesan teks, juga disebut SMS (layanan pesan singkat), kemampuan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan teks singkat, biasanya kurang dari 300 karakter, pada ponsel atau perangkat mobile lainnya atau komputer.
Gambar / Pesan Video
Dengan pesan gambar, pengguna dapat mengirim gambar dan file suara, serta pesan teks singkat, ke telepon atau perangkat mobile lainnya, atau komputer. Dengan pesan video, pengguna dapat mengirim klip video pendek, biasanya sekitar 30 detik panjangnya, di samping semua layanan pesan gambar. Ponsel pintar dan perangkat mobile lainnya dengan pesan gambar / video, juga disebut MMS (layanan pesan multimedia), capab ility biasanya memiliki kamera digital yang dibangun ke dalam perangkat. Pengguna yang mengharapkan untuk menerima berbagai pesan gambar / video harus memverifikasi ponsel memiliki memori yang memadai.
Sebuah perangkat mobile dengan pesan teks, juga disebut SMS (layanan pesan singkat), kemampuan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan teks singkat, biasanya kurang dari 300 karakter, pada ponsel atau perangkat mobile lainnya atau komputer.
Gambar / Pesan Video
Dengan pesan gambar, pengguna dapat mengirim gambar dan file suara, serta pesan teks singkat, ke telepon atau perangkat mobile lainnya, atau komputer. Dengan pesan video, pengguna dapat mengirim klip video pendek, biasanya sekitar 30 detik panjangnya, di samping semua layanan pesan gambar. Ponsel pintar dan perangkat mobile lainnya dengan pesan gambar / video, juga disebut MMS (layanan pesan multimedia), capab ility biasanya memiliki kamera digital yang dibangun ke dalam perangkat. Pengguna yang mengharapkan untuk menerima berbagai pesan gambar / video harus memverifikasi ponsel memiliki memori yang memadai.
Jika
Anda
mengirim pesan gambar ke telepon yang tidak memiliki kemampuan pesan gambar / video,
telepon biasanya menampilkan pesan teks yang mengarahkan pengguna ke
halaman Web yang berisi pesan gambar / video. Beberapa
jaringan sosial online memungkinkan
Anda untuk mengirim pesan gambar /
video ke nomor yang ditetapkan untuk mengirim pesan secara
otomatis ke profil online Anda.
Wireless Pesan
Instan
Wireless instant messaging (IM) adalah real-time komunikasi internet layanan yang memungkinkan perangkat mobile nirkabel untuk bertukar pesan dengan satu atau lebih perangkat mobile atau pengguna online. Beberapa gumpalan bermitra dengan layanan IM sehingga Anda dapat menggunakan ponsel pintar atau perangkat mobile lainnya ke
mengirim dan menerima pesan instan nirkabel. Layanan nirkabel AT & T, misalnya, memungkinkan komunikasi melalui berbagai Sengers-pesan instan seperti AIM (AOL Instant Messenger), Windows Live Messenger, dan Yahoo! Messenger
Wireless instant messaging (IM) adalah real-time komunikasi internet layanan yang memungkinkan perangkat mobile nirkabel untuk bertukar pesan dengan satu atau lebih perangkat mobile atau pengguna online. Beberapa gumpalan bermitra dengan layanan IM sehingga Anda dapat menggunakan ponsel pintar atau perangkat mobile lainnya ke
mengirim dan menerima pesan instan nirkabel. Layanan nirkabel AT & T, misalnya, memungkinkan komunikasi melalui berbagai Sengers-pesan instan seperti AIM (AOL Instant Messenger), Windows Live Messenger, dan Yahoo! Messenger
Wireless Access Points
Internet
Di rumah, tempat kerja, sekolah, dan di banyak lokasi umum, orang terhubung secara nirkabel ke Internet melalui titik akses internet nirkabel menggunakan komputer notebook, ponsel pintar, konsol game genggam, atau perangkat lainnya. Pengguna mengakses jalur akses internet nirkabel dengan komputer atau perangkat yang memiliki built-in diperlukan kemampuan nirkabel atau kartu jaringan nirkabel yang sesuai, adapter jaringan USB, modul ExpressCard, atau PC Card. Dua jenis jalur akses internet nirkabel hot spot dan jaringan mobile wireless. Sebuah hot spot adalah jaringan nirkabel yang menyediakan koneksi internet untuk komputer mobile dan perangkat. Melalui hot spot, pengguna ponsel memeriksa e-mail, browsing web, dan mengakses layanan apapun di Internet. Tiga teknologi hot spot adalah Wi-Fi, WiMAX, dan Bluetooth. Wi-Fi hot spot menyediakan nirkabel pemantulan jaringan samb untuk pengguna di lokasi umum seperti bandara dan pesawat terbang, stasiun kereta api, hotel, pusat konvensi, sekolah, berkemah, marina, pusat perbelanjaan, toko buku, perpustakaan, restoran, dan toko-toko kopi. Rentang erage-perjanjian untuk WiMAX hot spot bisa jauh lebih luas daripada Wi-Fi; misalnya, mereka bisa menutupi seluruh kota. Bluetooth hot spot menyediakan layanan berbasis lokasi, seperti mengirim kupon atau menu, untuk pengguna yang perangkat berkemampuan memasuki kisaran cakupan. Bagian selanjutnya dalam bab ini membahas Wi-Fi, WiMAX, dan Bluetooth secara lebih rinci. Beberapa hot spot menyediakan akses internet gratis, beberapa mengenakan biaya per-gunakan, dan lain-lain mengharuskan pengguna untuk berlangganan WISP, untuk yang mereka membayar biaya per-akses, biaya sehari-hari, atau biaya bulanan.
Di rumah, tempat kerja, sekolah, dan di banyak lokasi umum, orang terhubung secara nirkabel ke Internet melalui titik akses internet nirkabel menggunakan komputer notebook, ponsel pintar, konsol game genggam, atau perangkat lainnya. Pengguna mengakses jalur akses internet nirkabel dengan komputer atau perangkat yang memiliki built-in diperlukan kemampuan nirkabel atau kartu jaringan nirkabel yang sesuai, adapter jaringan USB, modul ExpressCard, atau PC Card. Dua jenis jalur akses internet nirkabel hot spot dan jaringan mobile wireless. Sebuah hot spot adalah jaringan nirkabel yang menyediakan koneksi internet untuk komputer mobile dan perangkat. Melalui hot spot, pengguna ponsel memeriksa e-mail, browsing web, dan mengakses layanan apapun di Internet. Tiga teknologi hot spot adalah Wi-Fi, WiMAX, dan Bluetooth. Wi-Fi hot spot menyediakan nirkabel pemantulan jaringan samb untuk pengguna di lokasi umum seperti bandara dan pesawat terbang, stasiun kereta api, hotel, pusat konvensi, sekolah, berkemah, marina, pusat perbelanjaan, toko buku, perpustakaan, restoran, dan toko-toko kopi. Rentang erage-perjanjian untuk WiMAX hot spot bisa jauh lebih luas daripada Wi-Fi; misalnya, mereka bisa menutupi seluruh kota. Bluetooth hot spot menyediakan layanan berbasis lokasi, seperti mengirim kupon atau menu, untuk pengguna yang perangkat berkemampuan memasuki kisaran cakupan. Bagian selanjutnya dalam bab ini membahas Wi-Fi, WiMAX, dan Bluetooth secara lebih rinci. Beberapa hot spot menyediakan akses internet gratis, beberapa mengenakan biaya per-gunakan, dan lain-lain mengharuskan pengguna untuk berlangganan WISP, untuk yang mereka membayar biaya per-akses, biaya sehari-hari, atau biaya bulanan.
warnet
Ketika pengguna ponsel bepergian tanpa komputer notebook atau Internet memungkinkan perangkat mobile, mereka dapat mengunjungi warnet untuk mengakses e-mail, web, dan layanan internet lainnya. Sebuah warnet, atau kafe Internet, adalah kedai kopi, restoran, atau lokasi lain yang menyediakan komputer pribadi dengan akses internet kepada pelanggan. Warnet yang ada di kota-kota di seluruh dunia. Meskipun beberapa menyediakan akses Internet gratis, sebagian besar mengenakan per jam atau biaya menit per-. Beberapa warnet juga yang hot spot, menyediakan koneksi internet nirkabel untuk pengguna dengan komputer mobile dan perangkat.
Ketika pengguna ponsel bepergian tanpa komputer notebook atau Internet memungkinkan perangkat mobile, mereka dapat mengunjungi warnet untuk mengakses e-mail, web, dan layanan internet lainnya. Sebuah warnet, atau kafe Internet, adalah kedai kopi, restoran, atau lokasi lain yang menyediakan komputer pribadi dengan akses internet kepada pelanggan. Warnet yang ada di kota-kota di seluruh dunia. Meskipun beberapa menyediakan akses Internet gratis, sebagian besar mengenakan per jam atau biaya menit per-. Beberapa warnet juga yang hot spot, menyediakan koneksi internet nirkabel untuk pengguna dengan komputer mobile dan perangkat.
Global Positioning
System
Global Positioning System (GPS) adalah sistem navigasi yang terdiri dari satu atau lebih penerima yang berfungsi untuk menganalisis sinyal yang dikirim oleh satelit untuk menentukan lokasi geografis penerima. GPS adalah aplikasi pertama dan paling banyak digunakan untuk membantu orang-orang dengan menentukan di mana mereka berada. Kegunaan GPS lainnya adalah : membuat peta, memastikan rute terbaik antara dua titik, menemukan orang hilang, memantau pergerakan orang atau objek, menentukan ketinggian, dan menghitung kecepatan. Beberapa receiver GPS bekerja sama dengan jaringan nirkabel seluler.
Global Positioning System (GPS) adalah sistem navigasi yang terdiri dari satu atau lebih penerima yang berfungsi untuk menganalisis sinyal yang dikirim oleh satelit untuk menentukan lokasi geografis penerima. GPS adalah aplikasi pertama dan paling banyak digunakan untuk membantu orang-orang dengan menentukan di mana mereka berada. Kegunaan GPS lainnya adalah : membuat peta, memastikan rute terbaik antara dua titik, menemukan orang hilang, memantau pergerakan orang atau objek, menentukan ketinggian, dan menghitung kecepatan. Beberapa receiver GPS bekerja sama dengan jaringan nirkabel seluler.
groupware
Groupware adalah perangkat lunak yang membantu kelompok-kelompok orang bekerja sama dalam menggarap proyek dan berbagi informasi melalui jaringan. Groupware adalah bagian dari sebuah konsep yang luas yang disebut komputasi workgroup, yang meliputi perangkat keras jaringan dan perangkat lunak yang memungkinkan anggota kelompok untuk berkomunikasi, mengelola proyek, jadwal pertemuan, dan membuat keputusan kelompok. Voice Mail
Voice mail berfungsi seperti mesin penjawab untuk meninggalkan pesan suara. Dalam system computer, pesan suara mengkonversi suara analog menjadi digital. Setelah didigitalkan, pesan tersebut akan disimpan dalam kotak suara. Kotak suara adalah lokasi penyimpanan pada hard disk dalam sistem pesan suara.
Groupware adalah perangkat lunak yang membantu kelompok-kelompok orang bekerja sama dalam menggarap proyek dan berbagi informasi melalui jaringan. Groupware adalah bagian dari sebuah konsep yang luas yang disebut komputasi workgroup, yang meliputi perangkat keras jaringan dan perangkat lunak yang memungkinkan anggota kelompok untuk berkomunikasi, mengelola proyek, jadwal pertemuan, dan membuat keputusan kelompok. Voice Mail
Voice mail berfungsi seperti mesin penjawab untuk meninggalkan pesan suara. Dalam system computer, pesan suara mengkonversi suara analog menjadi digital. Setelah didigitalkan, pesan tersebut akan disimpan dalam kotak suara. Kotak suara adalah lokasi penyimpanan pada hard disk dalam sistem pesan suara.
kolaborasi
Banyak program yang menyediakan sarana untuk berkolaborasi atau bekerja secara online dengan pengguna lain yang terhubung ke server. Perangkat lunak kolaboratif termasuk alat yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen melalui online dan berkomunikasi dengan pengguna lain yang terhubung. Pertemuan online berlangsung di Web disebut juga konferensi Web. Contoh perangkat lunak kolaboratif : Acr o bat Connect, GoToMeeting, Microsoft Groove, Microsoft Office Live Meeting, dan Google Wave.
Banyak program yang menyediakan sarana untuk berkolaborasi atau bekerja secara online dengan pengguna lain yang terhubung ke server. Perangkat lunak kolaboratif termasuk alat yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen melalui online dan berkomunikasi dengan pengguna lain yang terhubung. Pertemuan online berlangsung di Web disebut juga konferensi Web. Contoh perangkat lunak kolaboratif : Acr o bat Connect, GoToMeeting, Microsoft Groove, Microsoft Office Live Meeting, dan Google Wave.
Google Docs adalah sistem manajemen dokumen berbasis web dengan layanan dasar yang
tersedia untuk pelanggan tanpa
biaya dan layanan premium tersedia untuk biaya. Dengan Google Docs, beberapa pengguna dapat bekerja pada dokumen
yang sama pada waktu yang sama, melihat
suntingan satu sama lain karena mereka masuk.
Web
Services
Web Services adalah perangkat lunak standar yang memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer remote lainnya melalui Internet atau jaringan bisnis internal. Banyak orang berbisnis menggunakan layanan web. Hal ini karena karena web services menyediakan sarana untuk berkomunikasi satu sama lain antara pemasok, vendor, dan dengan klien. Sebagai contoh, vendor pihak ketiga dapat menggunakan layanan Web untuk berkomunikasi dengan situs web toko online mereka untuk mengelola tingkat persediaan mereka. Layanan web sering memberikan konten untuk mashup. Mashup adalah aplikasi web yang menggabungkan layanan dari dua atau lebih sumber atau menciptakan aplikasi baru. Sebuah bisnis e-commerce, misalnya, mungkin menentukan alamat toko ritel terdekatnya dari situs Web-nya dan menggabungkan lokasi dengan peta dari sebuah situs web perjalanan dan pemetaan untuk memberikan pengunjung situs web dengan arah mengemudi. Layanan web tidak memerlukan bahasa pemrograman tertentu, sistem operasi, atau browser Web.
Web Services adalah perangkat lunak standar yang memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer remote lainnya melalui Internet atau jaringan bisnis internal. Banyak orang berbisnis menggunakan layanan web. Hal ini karena karena web services menyediakan sarana untuk berkomunikasi satu sama lain antara pemasok, vendor, dan dengan klien. Sebagai contoh, vendor pihak ketiga dapat menggunakan layanan Web untuk berkomunikasi dengan situs web toko online mereka untuk mengelola tingkat persediaan mereka. Layanan web sering memberikan konten untuk mashup. Mashup adalah aplikasi web yang menggabungkan layanan dari dua atau lebih sumber atau menciptakan aplikasi baru. Sebuah bisnis e-commerce, misalnya, mungkin menentukan alamat toko ritel terdekatnya dari situs Web-nya dan menggabungkan lokasi dengan peta dari sebuah situs web perjalanan dan pemetaan untuk memberikan pengunjung situs web dengan arah mengemudi. Layanan web tidak memerlukan bahasa pemrograman tertentu, sistem operasi, atau browser Web.
Jaringan Komputer
Jaringan
computer adalah sebuah system yang terdiri atas computer dan perangkat jaringan
lainnya seperti kabel, Switch, Hub, Router, dll yang bekerja bersama-sama untuk
mencapai tujuan yang sama.
Tujuan jaringan computer adalah :
-
Berbagi sumber daya.
Contoh : Berbagi pemakaian printer,berbagi hardisk, berbagi
Cd Rom Drive
-
Komunikasi
Contoh : E-mail, Chating
-
Akses Informasi
Contoh : Web browsing.
Untuk
mencapai tujuan yang sama pada tiap bagian jaringan computer meminta dan
memberikan layanan(service).
Computer
yang meminta layanan disebut klien(client) sedangkan yang memberikan layanan
disebut server.
Sebuah jaringan
dapat dihubungkan dengan berbagai media komunikasi antara lain :
- Kabel
- Radio
- Satelit
Manfaat Jaringan Komputer
-
Resource Sharing, dapat
menggunakan sumberdaya yang ada secara bersamasama. Misal seorang pengguna yang
berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam
menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini
sering diartikan bahwa jaringan computer mangatasi masalah jarak.
-
Reliabilitas tinggi,
dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki
sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau
dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga
bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.
-
Menghemat uang.
Komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang
besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh
kali lipat kecepatan computer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu
kali lebih mahal dari computer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja
dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang
terdiri dari komputerkomputer pribadi.
Jenis-jenis Jaringan Komputer
Jenis-jenis
jaringan computer ditentukan berdasarkan jarak jangkauannya, secara umum
terdiri atas lima jenis, yaitu :
1. Local
Area Network (LAN)
Local
area network adalah hubungan satu komputer dengan komputer lain dalam suatu
ruang atau gedung tertentu. Dengan Local area network maka kita dapat berbagi
pakai sumber daya komputer antara seorang user dengan user lain. Selain itu
dapat juga untuk sharing (berbagi
pakai) dokumen pekerjaan dengan user lain. Kita dapat membuka file atau dokumen
tanpa harus duduk didepan komputer dimana dokumen tersebut disimpan. Pendek
kata dengan adanya local area network maka akan mempercepat proses pertukaran
dokumen dan menaikkan kinerja suatu perusahaan.
Namun
dengan adanya local area network ini juga membuka peluang untuk terjadinya
penyimpangan-penyimpangan terhadap dokumen yang di share sehingga menimbulkan
kerawaan terhadap dokumen-dokumen yang bersifat rahasia dibuka oleh user yang
tidak berhak. Dalam rangka ini sistem windows telah menyediakan fasilitas dalam
rangka untuk memproteksi data dan informasi tidak terjadi penyimpangan. Namun
terjadi dan tidaknya penyimpangan akan kembali lagi kepada user maupun
administrator bisakan dia bertanggungjawab terhadap pekerjaannya.
2. Metropolitan
Area Network (MAN)
Metropolitan Area
Network (MAN) adalah sebuah jaringan menggunakan
teknologi yang sama dengan LAN, hanya ukurannya biasanya lebih luas dari pada
LAN dan biasanya MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya
berdekatan atau antar sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan
pribadi atau umum. MAN pun mampu menunjang data dan suar, bahkan dapat
berhubungan dengan jaringan televise kabel.
3. Wide
Area Network (WAN)
Wide Area Network
(WAN) adalah sebuah jaringan yang
jangkauannya mencakup daerah geografis yang lebih luas, seringkali mencakup
sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan LAN, MAN, dan mesin-mesin
yang bertujuan untuk menjalankan program aplikasi pemakai.
4. Internet
(Interconected Network)
Internet adalah kumpulan dari
beberapa jenis jaringan yang berbeda LAN, WAN, atau keduanya mencakup seluruh
dunia yang saling terkoneksi.
5. Wireless(Jaringan
Tanpa Kabel)
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi
yang tidak bias dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya
orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang
berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel
diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau
pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan
memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat
dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
A.
Topologi
Jaringan
Topologi
jaringan adalah cara menghubungkan computer yang satu dengan computer yang
lainnya sehingga membentuk jaringan. Didalam jaringan computer ada beberapa
topologi yang digunakan, masing-masing topologi mempunyai kelebihan dan
kekurangannya. Topologi yang banyak digunakan antara lain :
1. Topologi
Bus
Topologi bus merupakan topologi
yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel coaxiall menjamur. Karakteristik topologi ini yaitu satu kabel yang
kedua ujungnya ditutup dimana sepanjang kabel terdapat node-node, paling prevevalent karena sederhana dalam instalasi,
signal melewati kabel 2 arah dan mungkin terjadi collision.
Keuntungan
• Hemat kabel
• Layout kabel sederhana
• Mudah dikembangkan
Kerugian
• Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
• Kepadatan lalu lintas
• Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa
berfungsi.
• Diperlukan repeater untuk jarak jauh
2. Topologi
Token Ring
Topologi ring adalah topologi yang
informasi dan data serta traffic
disalurkan sedemikian rupa. Umumnya fasilitas ini memanfaatkan fiber optic sebagai sarananya.
Karakteristik topologi ini yaitu lingkaran tertutup yang berisi node-node(titik), sederhana dalam layout, signal mengalir dalam satu arah
sehingga menghindarkan terjadinya collision.
Keuntungan
ü
Hemat Kabel
ü
Tidak terjadi collision/tabrakan pengiriman data.
Kerugian
ü
Jika terjadi gangguan disuatu node maka seluruh jaringan akan
mengalami gangguan.
ü
Peka kesalahan.
ü
Pengembangan jaringan lebih kaku
3. Topologi
Star
Topologi star merupakan topologi
yang banyak digunakan diberbagai tempat, karena kemudahan untuk menambah,
mengurangi, atau mendeteksi kerusakan jaringan yang ada. Karakteristik topologi
ini yaitu setiap node berkomunikasi
langsung dengan central node, traffic data mengalir dari node ke central node dan kembali lagi, mudah dikembangkan karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung
terhubung ke central node, keunggulan
jika satu kabel node terputus maka
yang lainnya tidak akan terganggu.
Keuntungan
ü
Paling fleksibel
ü Pemasangan/perubahan
stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
ü Kontrol
terpusat
ü Kemudahan
deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
ü Kemudahaan
pengelolaan jaringan
Kerugian
ü
Boros kabel
ü
Perlu penanganan khusus
ü Kontrol
terpusat (HUB) jadi elemen kritis
B.
Protokol
Jaringan
Protokol adalah
aturan dan standar yang memungkinkan komputer untuk dapat saling berkomunikasi.
Bagi komputer
pengirim (sender) maupun
penerima
(receiver) yang terlibat dalam sebuah proses pengiriman data, mereka harus
dapat mendeteksi dan menggunakan protokol yang sama. Untuk melakukan pertukaran
data sender dan receiver (host) harus sepakat tentang bagaimana bentuk dan arti
data tersebut, misalya ketika sebuah host mengirimkan data 1 dan 0 ke host
lainnya, kedua host harus sepakat tentang arti dari data 1 dan 0 yang
dikirimkan itu. Hal ini serupa dengan dua orang yang akan melakukan sebuah
percakapan, mereka harus setuju tentang siapa yang akan berbicara pertama kali,
bagaimana mengungkapkannya, bagaimana memahaminya sehingga dapat dimengerti dan
bagaimana cara mengakhiri percakapan tersebut.
Agar dapat berkomunikasi antara satu
komputer dengan komputer lainnya diperlukan sebuah protokol jaringan. Protokol
jaringan yang digunakan adalah protokol
TCP/IP (Transmission Control
Protocol/Internet Protocol). TCP/IP disamping protokol berlapis juga
mengikuti standar ISO (International
Organization of Standard) dan
OSI (Open System
Interconnection) yang memungkinkan untuk berkomunikasi seluruh dunia
walaupun platform yang digunakan
berbeda-beda. OSI menerapkan 7 lapis (layer),
namun oleh TCP/IP diringkas menjadi 5 lapis saja. lebih jelasnya lihat tabel dibawah ini :
Untuk dapat mengenali
satu komputer dengan komputer lainnya maka masing-masing komputer tersebut oleh
TCP/IP diberi alamat IP(IP address).
IP Addres adalah alamat yang diberikan
pada jaringan computer dan peralatan jaringan yang menggunakan protocol TCP /
IP. Pengalamatan IP ini berupa nomor 32 bit angka biner yang terdiri atas
alamat subnet ( Network ID) dan host (Host ID).
Network ID untuk
menentukan alamat jaringan computer sedangkan
Host ID untuk
menentukan alamat host(computer, router, switch).
Cara penulisannya
dibagi empat kelompok angka decimal yang dipisahkan oleh tanda titik. Contoh
penulisannya sebagai berikut :
192.168.1.5
Tabel IP Address
Agar tidak membingungkan maka IP diorganisasikan atas
beberapa kelas, dimana :
ü klas A : jika oktet pertama mempunyai nilai 0 s/d 127, yang
mendukung 16.777.214 host
ü klas B : jika oktet pertama mempunyai nilai dari 128 s/d 191,
yang mendukung 65.543 host
ü klas C : jika oktet pertama mempunyai nilai dari 192 s/d 223,
yang mendukung 254 host dengan 2.097,92 alamat klas C.
A.
Domain
Name System (DNS)
Domain Name System (DNS) adalah suatu
system yang memungkinkan nama sustu host pada jaringan computer atau internet
ditranslasikan menjadi IP Address.
a. Root-level
domain: merupakan tingkat teratas yang ditampilkan sebagai tanda titik (.).
b. Top
level domain: kode kategori organisasi atau Negara misalnya : .com untuk
dipakai oleh perusahaan, .edu untuk dipakai oleh perguruan tinggi, .gov untuk
dipakai oleh badan pemerintahan.selain itu untuk membedakan pemakain nama oleh
suatu Negara dengan Negara lain digunakan tanda misalnya .id untuk Indonesia
atau .au untk Australia.
c. Second
level domain: merupakan nama untuk organisasi atau perusahaan, misalnya:
Microsoft.com, yahoo.com, dan lain-lain.
B.
Type
Jaringan Komputer
Berdasarkan peranan dan hubungan tiap computer dalam
memproses data, Type Jaringan dibagi menjadi 2, yaitu :
1. Jaringan
Client-Server
Server adalah
komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam
jaringan dan client adalah
komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh
server. Server dijaringan tipe client-server disebut dengan dedicated server
karena murni berperan sebagai penyedia fasilitas untuk workstation dan server
tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.
Keunggulan :
ü Kecepatan
akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya
dilakukan secara khusus oleh satu computer (server) yang tidak dibebani dengan
tugas lain seperti sebagai workstation.
ü System
keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat sebuah computer
yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan
system keamanan jaringan.
ü System
backup data lebih baik,karena pada jaringan client-server backup dilakukan
terpusat diserver, yang akan membackup seluruh data yang digunakan didalam
jaringan.
Kelemahan :
ü Biaya
operasional relatif lebih mahal.
ü Diperlukan
adanya satu computer kusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai
server.
ü Kelangsungan
jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka
secara keseluruhan jaringan akan terganggu.
2. Jaringan
Peer to Peer
Jaringan peer to peer biasa disebut dengan
istilah non-dedicated karena pada jaringan ini semua computer mempunyai
kedudukan yang sama, artinya semua computer dapat bertindak sebagai server dan
juga bisa bertindak sebagai client/tidak ada computer yang menjadi server
murni.
Keunggulan :
ü Antar
computer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya
seperti: harddisk, disk drive, fax / modem, printer.
ü Biaya
operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server,
salah satunya karena tidak memerlukan server yang memiliki kemempuan khusus
untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
ü Kelangsungan
kerja jaringan tidak tergantung pada satu server, sehingga bila salah satu
computer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruan tidak akan mengalami
ganguan.
Kelemahan :
ü Pencarian
solusi masalah jaringan relative lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer
setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Di
jaringan client-server, komunikasi adalah antara server dengan workstation.
ü Unjuk
kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client-server, karena setiap
computer/peer disaming harus mengolola pekerjaan atau aplikasi sendiri.
ü System
keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur keamanan
masing-masing fasilitas yang dimiiki.
ü Karena
data jaringan tersebar di masig-masing computer dalam jaringan, maka backup
harus dilakukan oleh masing- masing komputer tersebut.
- Intranet
Intranet adalah jaringan internal yang
menggunakan teknologi internet. Intranet umumnya
membuat informasi perusahaan untuk dapat diakses
oleh karyawan dan fasilitas bekerja dalam
kelompok. Aplikasi intranet sederhana meliputi penerbitan
elektronik bahan organisasi seperti direktori telepon, kalender event,
manual prosedur, informasi karyawan, dan lowongan
pekerjaan. Intranet biasanya terhubung ke
Internet. Memiliki server Web, mendukung
halaman web yang mengandung multimedia, dan dapat
diakses melalui web browser seperti Internet Explorer, Firefox, Opera, Safari, dan Google Chrome. Pengguna dapat
memperbarui
informasi pada intranet dengan memposting halaman
Web, menggunakan metode yang sama dengan yang digunakan di
Internet.
- Jaringan Komunikasi Standar
Jaringan ini menghubungkan terminal, perangkat, dan
komputer dari berbagai pabrikan yang berbeda di berbagai
jenis jaringan, seperti luas, area
lokal, dan wireless. Untuk perangkat yang berbeda
pada berbagai jenis jaringan untuk
dapat berkomunikasi, jaringan harus menggunakan teknik yang
mirip memindahkan data melalui jaringan dari satu aplikasi
ke aplikasi lainnya. Sebagai contoh, sebuah komputer
mainframe IBM tidak dapat berkomunikasi secara langsung dengan jaringan Apple
Macintosh beberapa bentuk terjemahan harus
terjadi untuk perangkat pada kedua
jenis jaringan untuk berkomunikasi.
- Ethernet
Ethernet adalah standar jaringan yang
menentukan adanya komputer pusat atau perangkat pada
jaringan (node) harus mengontrol kapan data dapat dikirim, yaitu setiap node mencoba untuk
mengirimkan data ketika menentukan jaringan tersedia untuk
menerima komunikasi. Ethernet didasarkan
pada topologi bus, tetapi jaringan Ethernet dapat
ditransfer dalam pola bintang. Jaringan Ethernet sering
menggunakan kabel untuk mengirimkan
data. Pada 10 Mbps (juta bit per detik) kecepatan
transfer data, standar Ethernet asli tidak secepat standar saat ini.
- Token Ring
Standar token ring menetapkan
bahwa komputer dan perangkat pada jaringan
dapat berbagi
data menggunakan sinyal khusus,
yang disebut token, secara searah dan dalam
urutan yang telah ditetapkan. Token adalah seri
khusus bit yang berfungsi
seperti tiket. Perangkat dengan token dapat
mengirimkan data melalui jaringan. Hanya ada
satu tanda per
jaringan. Hal ini memastikan bahwa hanya satu
komputer mengirimkan data pada satu waktu.
- TCP / IP
TCP / IP adalah standar jaringan,
khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana
pesan (data) yang diarahkan dari satu
ujung jaringan ke yang lain, memastikan data tiba dengan
benar. TCP / IP menggambarkan aturan
untuk terbagi secara pesan menjadi
potongan-potongan kecil, disebut
paket; menyediakan alamat untuk setiap
paket, memeriksa dan mendeteksi kesalahan, paket sequencing, dan mengatur
aliran pesan di sepanjang jaringan.
- Wi-Fi
Komputer dan perangkat yang memiliki
kemampuan nirkabel yang sesuai dapat berkomunikasi melalui
gelombang radio dengan komputer lain atau perangkat yang
menggunakan Wi-Fi (wireless fidelity), yang identitas jaringan berdasarkan standar
802.11. 802.11 adalah serangkaian standar network yang
menentukan bagaimana dua perangkat
nirkabel berkomunikasi melalui udara dengan satu sama
lain. Wi-Fi kadang-kadang disebut sebagai Ethernet nirkabel karena
menggunakan teknik yang mirip dengan standar Ethernet untuk
menentukan bagaimana secara fisik untuk
mengkonfigurasi jaringan nirkabel.
- Bluethooth
Bluetooth adalah standar jaringan,
khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana dua
perangkat Bluetooth menggunakan jarak pendek gelombang
radio untuk transfer data. Transfer data antar perangkat pada
tingkat hingga 3 Mbps. Untuk berkomunikasi satu sama
lain, perangkat Bluetooth sering harus berada dalam
jarak sekitar 10 meter (sekitar 33 kaki), tetapi dapat
diperpanjang hingga 100 meter dengan peralatan
tambahan. Untuk komputer dan perangkat Bluetooth
tidak diaktifkan, Anda dapat
membeli port adaptor nirkabel Bluetooth yang akan
mengkonversi port USB yang ada ke
port Bluetooth. Sebagian besar sistem operasi saat
ini memiliki built-in dukungan Bluetooth.
- UWB
UWB merupakan singkatan
dari Ultra wideband, merupakan standar jaringan yang
menentukan bagaimana dua
perangkat UWB menggunakan gelombang radio shortrange untuk
berkomunikasi pada kecepatan tinggi.
- IrDA
Komputer dan
perangkat menggunakan standar IrDA untuk mengirimkan
data secara nirkabel ke satu sama lain
melalui inframerah gelombang (IR) cahaya. Data Transfer perangkat pada
tingkat dari 115 Kbps (ribu bit per detik) sampai
4 Mbps antara
port IrDA mereka. Infrared membutuhkan line-of-sight transmisi: yaitu, perangkat
pengirim dan perangkat penerima harus sejalan satu
sama lain sehingga tidak ada yang
menghalangi jalan gelombang cahaya inframerah.
- RFID
RFID (radio frequency identification) adalah standar,
khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk
berkomunikasi dengan tag ditempatkan di dalam atau melekat
pada suatu objek, binatang, atau orang. Tag, disebut
transponder, terdiri dari antena dan chip memori yang
berisi informasi yang akan dikirim melalui gelombang radio. Melalui
antena, pembaca RFID, juga
disebut transceiver, membaca sinyal radio dan transfer informasi ke
perangkat komputer atau komputasi.
- WiMAX
WiMAX
(Worldwide Interoperability for Microwave Access), juga dikenal sebagai 802,16,
merupakan standar jaringan yang dikembangkan oleh IEEE yang menentukan
bagaimana perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara di wilayah yang
luas.
- WAP
Wireless
Application Protocol (WAP) adalah standar, khususnya protokol, yang fies
spesimen bagaimana beberapa perangkat mobile seperti ponsel pintar dapat
menampilkan isi dari layanan internet seperti web, e-mail, dan chat room.
Perangkat Lunak Komunikasi
Perangkat lunak komunikasi terdiri dari beberapa program, antara lain :
(1)
membantu pengguna membuat sambungan listrik ke komputer lain atau jaringan
(2)
mengatur transmisi data, instruksi, dan informasi
(3)
menyediakan antarmuka bagi pengguna untuk berkomunikasi dengan satu sama lain.
Komunikasi melalui Jaringan Telepon
Public
switched telephone network (PSTN) adalah sistem telepon di seluruh dunia yang
menangani panggilan telepon suara-berorientasi. Hampir jaringan telepon seluruh
hari menggunakan teknologi digital, dengan pengecualian link akhir dari
perusahaan telepon lokal ke rumah, yang sering analog. Jaringan telepon
merupakan bagian integral dari komunikasi komputer. Data, instruksi, dan
informasi yang dikirim melalui jaringan telepon tele menggunakan jalur dial-up
atau jalur khusus. Bagian berikut membahas berbagai jenis garis yang
menggunakan jaringan telepon untuk komunikasi data :
Dial-Up Lines Garis dial-up adalah koneksi sementara yang menggunakan satu
atau lebih saluran telepon analog untuk komunikasi.
Dedicated Garis A dedicated line adalah jenis koneksi yang dibuat antara dua
perangkat komunikasi (seperti garis dial-up di mana sambungan dibangun kembali
setiap kali digunakan).
ISDN Garis, untuk bisnis dan rumah pengguna kecil, saluran ISDN menyediakan
kecepatan transfer yang lebih cepat daripada dial-up saluran telepon. Tidak
seperti banyak digunakan saat ini seperti di masa lalu, ISDN (Integrated
Services Digital Network) adalah satu set standar untuk misi trans digital data
melalui saluran telepon tembaga standar.
DSL adalah
garis alternatif digital populer untuk usaha kecil atau rumah pengguna. DSL
(Digital Subscriber Line) mentransmisikan pada kecepatan cepat pada yang ada
secara tembaga standar kabel telepon.
Garis T-carrier adalah salah satu dari beberapa jenis jarak jauh saluran telepon
digital yang membawa beberapa sinyal melalui garis nications-komunitas tunggal.
Sedangkan saluran telepon standar dial-up hanya membawa satu sinyal, garis
T-carrier digital menggunakan multiplexing sehingga sinyal tiple mul- berbagi
garis. Garis T-carrier menyediakan kecepatan transfer data yang sangat cepat.
KOMUNIKASI PERANGKAT
Perangkat komunikasi adalah setiap
jenis perangkat keras yang mampu mentransmisikan data, instruksi, dan informasi
antara perangkat pengirim dan perangkat penerima. Pada akhir pengiriman,
perangkat komunikasi mengirimkan data, instruksi, atau informasi dari perangkat
pengirim ke saluran komunikasi. Pada sisi penerima, perangkat komunikasi
menerima sinyal dari saluran komunikasi. Berikut ini akan menjelaskan jenis
komunikasi perangkat: modem dial-up, modem digital, modem nirkabel, kartu
jaringan, kawat-jalur akses kurang, router, dan hub dan switch.
Dial-Up Modem
Modem
dial-up adalah perangkat komunikasi yang dapat mengkonversi sinyal digital ke
sinyal analog dan sinyal analog ke sinyal digital, sehingga data dapat melakukan
perjalanan sepanjang saluran telepon analog.
Digital Modem: ISDN, DSL, dan kabel Modem digital
Adalah
perangkat komunikasi yang mengirim dan menerima data dan informasi ke dan dari
garis digital. Tiga jenis modem digital ISDN modem, modem DSL, dan kabel modem.
Modem ini biasanya termasuk built-in konektivitas Wi-Fi. Modem ISDN mengirimkan
data digital dan informasi yang dari komputer ke saluran ISDN dan menerima data
digital dan informasi dari saluran ISDN. Modem DSL mengirimkan data digital dan
informasi dari komputer ke saluran DSL dan menerima data digital dan informasi
dari saluran DSL. ISDN dan DSL modem biasanya adalah perangkat eksternal, di
mana salah satu ujung terhubung ke saluran telepon dan ujung lainnya terhubung
ke port pada unit sistem.
Wireless Modem
Beberapa
pengguna ponsel memiliki modem wireless yang menggunakan jaringan ponsel untuk
terhubung ke Internet secara nirkabel dari komputer notebook, ponsel pintar,
atau perangkat mobile lainnya Modem nirkabel, yang memiliki antena eksternal
atau built-in, yang tersedia sebagai USB flash drive, modul ExpressCard, kartu
PC, dan kartu memori. Beberapa ponsel pintar juga dapat berfungsi sebagai modem
nirkabel ketika terhubung dengan kabel khusus untuk komputer pribadi.
Kartu Jaringan
Kartu
jaringan, kadang-kadang disebut kartu antarmuka jaringan (NIC diucapkan nick),
adalah perangkat nications-komunitas yang memungkinkan komputer atau perangkat
yang tidak memiliki built-in kemampuan jaringan untuk mengakses jaringan. Kartu
jaringan mengkoordinasikan pengiriman dan penerimaan data, instruksi, dan
informasi ke dan dari komputer atau perangkat yang berisi kartu jaringan.
Wireless Access Points
Sebuah
titik akses nirkabel adalah perangkat komunikasi utama yang memungkinkan
komputer dan perangkat untuk trans- fer data yang secara nirkabel di antara
mereka sendiri atau untuk mentransfer data secara nirkabel ke jaringan kabel.
Router
Router
adalah perangkat komunikasi yang menghubungkan beberapa komputer atau router
lain bersama-sama dan mengirimkan data ke jaringan.
Hub dan Switch
Sebuah
hub atau switch adalah perangkat yang menyediakan titik sentral untuk kabel
dalam jaringan. Jaringan yang lebih besar biasanya menggunakan hub, sementara
networks lebih kecil menggunakan switch. Beberapa hub dan / atau switch
termasuk router. Artinya, hub atau switch menerima data dari berbagai arah dan
kemudian meneruskan ke satu atau lebih tujuan.
Rumah Jaringan
Banyak pengguna rumah yang menghubungkan beberapa
komputer dan perangkat bersama-sama dalam jaringan
rumah. Rumah jaringan menghemat uang pengguna rumah
dan memberikan banyak kemudahan. Setiap jaringan
komputer di rumah memiliki kemampuan sebagai berikut:
• Hubungkan ke Internet pada saat yang sama
• Berbagi satu koneksi Internet kecepatan tinggi
• Akses file dan program pada komputer
lain di rumah
• Share peripheral seperti
printer, scanner , hard disk eksternal, atau disc
drive game
• Bermain multiplayer optik dengan pemain di
komputer lain di rumah
• Sambungkan konsol game ke Internet
•
Berlangganan dan menggunakan VoIP.
Tiga jenis
jaringan rumah kabel Ethernet, kabel powerline, dan phoneline
:
Jaringan Ethernet : Jaringan aringan Ethernet tradisional
mengharuskan setiap komputer memiliki built-in kemampuan jaringan atau
mengandung kartu jaringan, yang menghubungkan ke hub jaringan pusat atau
perangkat serupa dengan kabel fisik. Ini mungkin melibatkan menjalankan kabel
melalui dinding, langit-langit, dan lantai di rumah. Untuk pengguna rumahan,
perangkat keras dan perangkat lunak dari jaringan Ethernet bisa sulit untuk
mengkonfigurasi.
Powerline Kabel Jaringan : Jaringan yang
menggunakan baris yang sama yang membawa listrik ke dalam
rumah. Jaringan ini tidak
memerlukan kabel tambahan. Salah satu
ujung kabel colokan di port
USB komputer dan ujung kabel colokan di stopkontak.
Phoneline : Jaringan mudah-install dan
murah yang menggunakan saluran telepon yang ada di rumah.
Wireless Home
Jaringan Untuk jaringan
komputer dan perangkat yang menyertakan
beberapa kamar atau lantai di rumah, mungkin
lebih mudah untuk menggunakan strategi nirkabel. Salah
satu keuntungan dari jaringan nirkabel adalah bahwa
Anda dapat mengambil komputer mobile di luar.
Saluran
Komunikasi
Saluran komunikasi adalah media transmisi dimana
data, instruksi, atau perjalanan informasi
dalam sistem komunikasi. Jumlah data, instruksi, dan
informasi yang dapat melakukan perjalanan melalui saluran
komunikasi kadang-kadang disebut bandwidth. Semakin
tinggi bandwidth, semakin saluran mentransmisikan.
Media Transmisi
Fisik
Media transmisi
fisik yang digunakan dalam komunikasi termasuk kabel
twisted-pair, kabel koaksial, dan kabel serat optik.
Berikut
jenis kabel :
Twisted-Pair Kabel Salah satu
media transmisi yang lebih banyak digunakan untuk jaringan kabel
dan sistem telepon adalah kabel twisted-pair.
Kabel Coaxial terdiri
dari kawat copper tunggal dikelilingi oleh
setidaknya tiga lapisan:
(1) bahan
isolasi,
(2) logam anyaman atau dikepang, dan
(3 ) lapisan luar plastik.
kabel serat
optik terdiri dari puluhan
atau ratusan helai tipis kaca
atau tic plasminogen yang menggunakan cahaya
untuk mengirimkan
sinyal. Setiap helai, disebut serat optik, setipis rambut
manusia. Di dalam kabel serat
optik, kaca cladding isolasi dan lapisan
pelindung mengelilingi setiap serat optik.
Wireless Transmission Media
Banyak
pengguna memilih untuk media transmisi nirkabel karena
lebih mudah
daripada memasang kabel. Selain kenyamanan,
bisnis menggunakan media transmisi nirkabel di lokasi di
mana tidak mungkin untuk memasang kabel. Jenis
media transmisi nirkabel yang digunakan dalam
komunikasi termasuk inframerah, radio siaran, radio selular, oven
microwave, dan komunikasi satelit.
Inframerah
Media transmisi
nirkabel yang mengirimkan sinyal menggunakan
gelombang cahaya inframerah.
Radio Siaran Radio Broadcast
Media
transmisi nirkabel yang mendistribusikan sinyal
radio melalui udara jarak jauh seperti
antara ies Kota-kota, daerah, dan negara-negara dan
jarak pendek seperti dalam sebuah kantor atau rumah.
Radio
selular
Bentuk siaran
radio yang digunakan secara luas untuk komunikasi
mobile, sekutu fic tertentu modem nirkabel dan
ponsel.
Komunikasi Personal Services (PCS)
Untuk mengidentifikasi semua
komunikasi digital nirkabel. Perangkat yang menggunakan PCS termasuk ponsel, PDA, pager, dan mesin faks. Perangkat
ini memiliki voice mail, call forwarding, kemampuan faks, caller ID, dan modem nirkabel internet dan e-mail akses.
Microwave
Gelombang radio yang
menyediakan transmisi sinyal kecepatan tinggi. Transmisi microwave, sering
disebut nirkabel tetap, melibatkan pengiriman sinyal
dari satu stasiun microwave yang lain. Gelombang
mikro dapat trans- data yang mit dengan harga sampai
dengan 4.500 kali lebih cepat dari modem dial-up.
Refernsi
:
Ø eBook “Discovering
Computer 2011” karya Garry B, Shelly, Misty E, Vermaat
Ø Modul MGMP KKPI Kab.
Tegal
Ø Google.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar