Rabu, 07 Oktober 2015

Mengenal Keyword pada Java






Dalam Java atau bahasa pemrograman yang lain dikenal istilah Token. Token adalah elemen terkecil di program yang masih memiliki arti. Ada 5 token dalam bahasa Java yaitu identifier, keyword, literal dan tipe data, operator, serta separator.
Namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai definisi, kegunaan, syntax serta contoh penggunaan keyword pada Java.
Keyword (kata kunci) digunakan untuk suatu tujuan tertentu. Ada 50 keyword dalam java, yaitu :
1.      Class
Suatu jenis yang mendefinisikan implementasi dari jenis objek tertentu. Sebuah defenisi kelas mendefinisikan instance kelas bidang dan metode dan kelas batin serta menetukan antar muka kelas dan segera mengimplementasikan superclass kelas. Jika superclasstidak secara eksplisit ditentukan, superclass secara implicit object.

2.      Abstract
Abstract class dalam java digunakan untuk mendeklarasikan karakteristik umum dari subclass. Abstract class tidak bisa diinstansiasi sama halnya dengan kelas interface. abstract class hanya bisa digunakan sebagai super class, tapi juga bisa diturunkan dari class abstract lainnya. Untuk mendeklarasikan sebuah abstract class (syntax) digunakan keyword abstract : 

[abstract] class [class_name]  


Sebuah abstract class pada dasarnya tidak hauh beda dengan class lainnya, yakni juga berisi method yang menggambarkan carakteristik dari kelas abstract tersebut, bedanya yakni sebuah abstract class bisa berisi method tanpa diimplementasikan artinya sebuah method tanpa body, methid seperti ini disebut method abstract. untuk pendeklarasiannya digunakan keyword abstract: 
[abstract] modifier class [class_name] 
Contoh penggunaan pada program :

abstract class Shape {
public String color;
//constractor default, constraktor yang tidak memiliki argumen dan isi
public Shape() {
}
//sama halnya dengan kelas biasa abstract class juga bisa berisi method
//seperti yang ada pada kelas biasa
public void setColor(String c) {
color = c;
}
public String getColor() {
return color;
}
//sebuah abstract method yang tidak memiliki body
//method ini akan diinisialisasi nantinya pada subclass yang mewarisi kelass abstract Shape ini
//semua abstract method yang ada pada class abstract harus diimplementasikan
//semua oleh subclass
abstract public double area();
}
//keyword extends adalah keyword yang digunakan oleh subclass
//ketika melakukan pewarisan terhada super class
public class Point extends Shape {
static int x, y;
public Point() {
x = 0;
y = 0;
}
public double area() {
return 0;
}
public double perimeter() {
return 0;
}
public static void print() {
System.out.println("point: " + x + "," + y);
}
public static void main(String args[]) {
Point p = new Point();
p.print();
}
}
output
point: 0, 0


3.      Assert
Assertion digunakan untuk mengetes asumsi kita tentang sesuatu,  dalam pengertian lain menyebutkan bahwa assert merupakan kata kunci yang ditambahkan dalam J2SE 1,4, digunakan untuk membuat pernyataan yang programmer percaya selalu benar dititik dalam program. Jika pernyataan akan diaktifkan ketika program dijalankan dan ternyata bahwa pernyataan adalah palsu, Kata kunci ini dimasukkan untuk membantu dalam debugging.
Syntax assert ada dua, yaitu :
assert booleanExpression;
assert booleanExpression;
bila booleanExpression pada syntax 1 dan 2 bernilai false, maka assert akan melemparkan esception(AssertError). Tapi apabila booleanExpression bernilai true, maka tidak akan terjadi apa-apa.
bila booleanExpression pada syntax kedua bernilai false maka StringExpression akan ditambahkan pada stack trace, biasanya syntax kedua digunakan untuk menambahkan kejelasan mengapa terjadi AssertionError.
contoh penggunaan dalam progam:
public class Assert01
{       boolean checkSesuatu(boolean nilaiKembalian)
        {
                System.out.println("Di dalam checkSesuatu()");
                return nilaiKembalian;
        }
        void doAssert()
        {
                System.out.println("Sebelum assert");
                //Sintaks 1 dengan booleanExpression bernilai
                //true
                assert checkSesuatu(true);
                System.out.println("Sesudah assert");
        }
        public static void main(String[] args)
        {
                Assert01 a = new Assert01();
                a.doAssert();               
        }

}
program diatas menggunakan syntax 1 dengan nilai booleanExpression bernilai true

4.      Return
Return digunakan untuk menyelesaikan pelaksanaan metode. Hal ini dapat diikuti oleh suatu nilai yang dapt diperlukan oleh defenisi metode yang dikembalikan ke pemanggil.
contoh penggunaan keywords return :
int abs(int x)
{ if (x>=0)
return x;
else
return (-x)
......
}
}

5.      Continue
Continue digunakan untuk melanjutkan eksekusi program pada akhir tubuh loop saat ini. Jika diikuti dengan label, continue eksekusi kembali pada akhir tubuh loop brlabel melampirkan.
contoh penggunaan dalam program :
public class contohContinue {
public static void main(String args[]) {
int i=0;
do {
i++;
if (i==3) <strong>continue</strong>;
System.out.println(”iterasi ke : “+i);
if (i==5) <strong>break</strong>;
} while(i <= 9);</em>
}
}


6.      Break
Break digunakan untuk melanjutkan pelaksanaan program dipernyataan segera setelah blok melampirkan saat ini ataupernyataan jika diikuti sebuah label.
public class ContohBreak {
public static void main(String args[]) {
int i = 0;
do {
i++;
System.out.println(i);
if (i==5) <strong>break</strong>;
} while (i <= 9);
}
}

7.      If
if digunakan untuk membuat pernyataan jika yang menguji suatu ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan dengan jika pernyataan dijalankan. Kata kunci ini juga dapat digunakan untuk membuat pernyataan jika lain

syntax if :
if (condition is true)
{
execute this statement
}
contoh pada program :
if (age < 16)
{
 isChild = true;
discount = 10;
}


8. Else
Kata kunci ini dapat digunakan bersama if untuk membuat penyataan if-else yang mengujisuatu ekspresi Boolean, jika ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan dengan if dievaluasi, jika ia bernilai false blok, dari laporan yang berkaitan dengan else dievaluasi.

contoh penggunaan:
if (age < 16)
{
 isChild = true;
discount = 10;
}
else
{
discount = 0;
}

9. Byte
Byte kata kunci yang digunakan untuk menyatakan suatu bidang yang dapat menyimpan sebuah 8 – bit menandatangani dua complement integer. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe byte.

10. Switch
Kata kunci yang digunakan dalam hubunganya dengan case dan default untuk membuat pernyataan swtch,yang mengavaluasi sebuah variable, nilai cocok untuk tertentu case,dan engeksekusi blok pernyataan terkait dengan case.

11. Case
Case digunakan untuk membuat kasus-kasus individu dalam pernyataan switch.
syntax switch dan case :
switch (value)
{
case constanta 1 : statement 1;
break;

case constanta 2 : statement 2;
break;
.....
.....etc
default : statement x;

}

12. For
for kata kunci digunakan untuk membuat loop, yang menmpatkan inisialiasai variabel, suatu ekspresi Boolean, dan suatu incrementation. Inisialisasi variabel dilakukan terlebih dahulu, kemudian ekspresi Boolean dievaluasi. Jika ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan loop dijalaankan dan kemudian incrementation yang dilakukan.

contoh penggunaan dalam program :
public class Looping {
     /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        for(int i=1; i<=5; i++){
            System.out.println(i);
        }
    }
}  

13. Do
Kata kunci yang dpat digunakan bersama dengan whie untuk membuat sebuah dowhile loop, yang menjalankan suatu blok statement berkaitan dengan loop dan kemudian tes ekspresi Boolean yang dapat berkait dengan while, jika ekspresi bernilai true, blok dijalankan lagi, ini trussampai ekspresi bernilai false. 

14. While
Kata kunci digunakan untuk membuat loop semntara, ynag menguji suatu ekspresi Boolean dan mengeksekusi blok pernyataan yang berhubungan dengan loop jika ekspresi bernilai true, ini terus sampai ekspresi bernilai false. Kta kunci ini juga dapat digunakan untuk membuat sebuah do-while-loop.
public class Looping {
    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        int i=1;
        while (i <= 5){
            System.out.println(i);
            i++;
        }
    }


15. Float
Float kata kunci digunakan untuk menyatakan sebuah lapanagn yang dapa memegang 32-bit persisi tunggal IEEE 754-angka floating point. Kata kinci ini juga digunakan untuk menyatkan bahwa suatu metode mengembalikan tipe float.
syntax :
float namavariabel;

16. Char
Char kata kunci digunakan untuk menyatakan bidang yang dapat menyimpan 16-bit Unicode karakter. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe char.
syntax :
char namavariabel;

17. Int
Adalah kata kunci yang digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 32-bit masuk integer melengkapi dua. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai int.
syntax :
int namavariabel;

18. Default
Default digunakan dalam sebuah pernyataan switch untuk label blok pernyataan yang akan dieksekusi jika tidak ada case cocok dengan nilai yang ditentukan.

19. Import
Digunakan pada awal sebuah file sumber untuk menentukan kelas atau seluruh paket JAVA untuk disebut kemudian tanpa termasuk paket-paket mereka nama-nama dalam referensi. Sejak J2SE 5.0, import laporan dapat mengipor statc anggota kelas.

20. New
New digunakan untuk membuat sebuah instance dari sebuah kelas atau array.

21. Package
Sekelompok jenis paket dinyatakan dengan package kata kunci.

22. Interface
Digunakan untuk menyatakan tipe khusus kelas yang hanya berisi metode abstrak, konstan (static final) bidang dan static interface. Hal ini nantinya akan diimplementasikan oleh kelas yang menyatakan antarmuka dengan implementasi kata kunci.

23. Long
Long kata kunci digunakan unuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 64-bit masuk integer yang melengkapi dua. Kata kunci ini digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe long.

24. Native
Digunakan dalm deklarasi metode untuk menentukan bahwa metode ini tidak diimplementasikan dalam file sumber java yang sama, melainkan dalm bahasa lain.

25. Private
Kata kunci yang digunakan dalam pembagian lapangan, metode, atau kelas batin, anggota swasta hanya dapat diakses oleh anggota lain dari kelas mereka sendiri.

26. Public
Public kata kunci yang digunakan dalam deklarasi metode, kelas, atau bidang, kelas umum, metode dan bidang dapat diakses oleh anggota dari setiap kelas.

27. Static
Digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan, metode atau kela batin sebagaibidang kelas. Kelas mempertahankn satu salinan bidang kelas terlepas dari berapa banyak contoh yang ada dari kelas itu. Static juga digunakan untuk mendefinisikan sebuah metode sebagai metode kelas. Kelas metode yang terikat ke kelas, bukan ke contoh spesifik, dan hanya dapat beroperasi pada kolom kelas. (kelas dan interface dideklarasikan sebagai static anggota lain kelas atau interface sebenarnya top-level kelas dan tidak inner class).

28. This
This adalah objek yang langsung digunakan tanpa didahului proses instansiasi. Penggunaan keyword ini yaitu bila ada attribute (non static) dari suatu kelas akan digunakan method yang berada dalam kelas yang sama, namun nama attribute tersebut dan nama parameter yang dilewatkan pada method tersebut SAMA. Keyword ini dapat digunakan secara implisit maupun eksplisit. Digunakan untuk mewakili sebuah instance dari kelas dimana ia muncul. This dapat digunakan untuk mengakses anggota kelas sebagai referensi. This juga kata kunci digunakan untuk meneruskan panggilan dari satu konstuktor dikelas untuk konstuktor lain dikelas yang sama.

Contoh penggunaan yang eksplisit :
class RectangleToy {
private double width, height;
public void setRectangle(double width, double height) {
this.width = width;
this.height = height;
}
}
Pemanggilan attribute yang eksplisit, biasa digunakan untuk mengatasi penamaan yang sama. Pada contoh ini parameter di method setRectangle() menggunakan nama yang sama dengan attribute di kelas RectangleToy.

Contoh pemanggilan implisit :
class RectangleToy {
private double width, height;
public void setRectangle(double newwidth, double newheight)
{
width = newwidth;
height = newheight;
}
}

29. Throw
Kata kunci yang digunakan untuk menangani exception jenis tugas yang kompatibel. Jikatik adahandler pengecualian tersebut ditemukan dalam metode yang sekarang, maka kembali metode dan proses ini diulang dalam metode distack, maka pengecualian dilewatkan kehandler pengecualian theard itu tidak tertangkap.

30. Try
Medefinisikan blok pernyataan yang telah exception handling. Jika pengecualian dilemparkan dalam try blok, opsional catch blok dapat menagani menyatakan jenis pengecualain. Juga,opsionalfinally blok dapat dideklarasikan yang akan dijalankan ketika keluar eksekusi try blok dan catch klausa, telepas dari apakah pengecualain dibuang atau tidak. Sebuah try blok harus memilki minimal satu catch klausa atau finally blok.

31. Void
Kata kunci yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode tidak mengembalikan nilai apapun.

32. Volatile
Digunakan dalam deklarasi lapangan untuk menentukan bahwa variabel yang diubah asynchronously oleh bersamaan menjalankan thread, metode, kelas dan interface sehingga tidak dapat dideklarasikan volative.

33. Boolean
Kata kunci yang digunakan untuk menyatakan suatu bidang yang dapat menyimpan suatu nilai Boolean, yaitu baik true atau false. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakn bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe Boolean.

34. Catch
Mendefinisikan sebuah handler pengecualian kelompok pernyataan yang dieksekusi jika pengecualian dilemparkan diblok ditentukan oleh sebelumnya try kata kunci, kode ini akan dijalankan hanya jika kelas pengecualian dilemparkan adlah tugas kompatibel dengan kelas pengecualian dideklarasikan oleh catch klausa.

35. Const
Meskipun reserved sebagai kata kunci dijava, const tidak digunakan dan memiliki fungsi.

36. Double
Kata kunci yang digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 64-bit. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatumetode megembalikan nilai tipe double.

37. Enum
Sebuah java kata kunci yang igunakan untuk mendeklarasikan tipe enumerasi. Matri memperpanjang kelas dasar enum.

38. Extends
Digunakan dalm sebuah deklarasi kelas untuk menetukan superclass, digunakan dalam deklarasi interface nutuk menentukan satu atau lebih superinterface. Kelas X Y meluas kelas untuk menmbah fungsionalitas, baik dengan menambahkan field atau metode ke Y kelas, atau dengan meng-overridemetode kelas Y. Antarmuka Z memperluas satu atau lebih interface dengan menmbahkan metode. Kelas X dikatakan sebagai subclass Y kelas, interface Z dikatakan sebagai interface dari interface itu meluas. Juga digunakan untuk menentukan batas atas sebuah ketik Generics.

39. Final
Mendefinisikan entitas sekali yang tidak dapat diubah atau berasal dari nanti. Lebih spesifk, sebuah kelas akhir tidak dapat subclassed, metode akhir tidak dapat diganti, dan variabel final dapat trjadi paling banyak sekali sebagai ekspresi kiri. Semua metode dikelas terakhir secara implicit final.

40. Finaly
Digunakan untuk mendefinisikan suatu blok statement untuk blok yang ditetakan sebelumnya oleh try kata kunci. Yang finaly blok dijalankan setelah keluar eksekusi try blok dan apapun yang terkait catch klausa terlepas dari apakah pengecualian terlempar atau tertangkap, atau eksekusi meninggalkan metode ditengah try atau catch. blok menggunakan return kata kunci.

41. Goto
Meskipun receved sebagai kata kunci dijava, goto tidak digunakan dan memiliki fungsi pada java. 

42. Implement
Untuk menentukan satu atau lebih interface yang diimplementasikan oleh kelas saat ini. Kelas A mewarisi jenis dan metode abstrak dinyatakan oleh interface.

43. Instanceof
Sebuah operator biner yang menggunakan sebuahreferensi objek sebagai operan pertama dan kelas atau antar muka sebagai operan kedua dan menghasilkan hasil Boolean.

44. Protected
Kata kunci yangdigunakan dalam pembagian lapangan, metode,atau kelas batin, anggota yang dilindungi hanya dapat diakse oleh anggota kelas mereka sendiri, bahwa kelas itu subclass atau kelas yang sama.

45. Strictfp
Sebuah java kata kunci yang digunakan untuk membatasi persis dan pembulatan pehitungan floating point untuk memastikan portabilitas.

46. Super
Untuk mengakse anggota kelas diwariskan oleh kelas dimana ia muncul. Super kata kunci juga digunakan untuk meneruskan panggialn dari konstruktor di superclass.
47. Transient
Menytakan bahwa medan bukan contoh default seri bentuobjek.

48. Synchronized
Digunakan dalam deklarasi atau blok kode metode untuk mendapatkan mutex kunci untuk objek sedangkan saat benag mengekekusi kode.

49. Throws
Digunakan dalam deklarasi metode untuk menentukan pengecualian tidak ditangani dalam metode melainkanditeruskan ketingkat yang lebih tniggi berikutnya program. Semua tertngkap pengecualian dalam sebuah metode yang tidak kasus RuntimeException harus dideklarasikan menggunakan throws kata kunci.

50. Short
Short kata kunci digunakan untuk menyatakan bidang bisa menampung 16-bit integer melengkapi menandatangi dua. Kata kunci ini juga digunaka untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe short.


Referensi :
http://firdausmaulana.blogspot.co.id/2012/03/keyword-keyword-pada-java-dan.html
openstorage.gunadarma.ac.id/
fajartriharto.blogspot.com/2014/09/keywords-java-programing.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar